Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebutuhan Pokok - Saat Ini, 68 Kabupaten/ Kota Rentan Rawan Pangan

Indonesia Timur Rawan Pangan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Krisis pangan menjadi ancaman serius karena menyangkut kebutuhan dasar.

JAKARTA - Daerah Indonesia Timur bersama daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dan kawasan kepulauan menjadi wilayah yang teridentifikasi rentan pangan. Faktor penyebabnya meliputi produksi pangan yang cenderung lebih rendah dibandingkan kebutuhan serta prevalensi balita stunting yang masih tinggi.

Demikian hasil temuan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) 2023.

"Masih adanya keterbatasan akses air bersih serta tingginya persentase penduduk yang hidup dalam kondisi kemiskinan juga menjadi pendorong utama," ucap Deputi bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas, Nyoto Suwignyo, di Jakarta, Kamis (14/12).

FSVA, papar dia, telah menjadi bagian dari upaya transformasi sebagai sarana penyediaan data dan informasi seputar kondisi terkini pangan dan gizi di Indonesia. Hal ini akan terintegrasi dalam mendukung pelaksanaan peran Bapanas sebagai motor utama dalam mewujudkan peningkatan ketahanan pangan dan gizi yang berkelanjutan.

"Kita terus berupaya mengakhiri kelaparan, mengentaskan kemiskinan, dan mencapai ketahanan pangan berkelanjutan sesuai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)," ucap Nyoto.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top