Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kekayaan Sumber Daya Alam

Indonesia Memiliki 40 Persen Cadangan Panas Bumi di Dunia

Foto : ANTARA/INDRAYADI TH

Petugas membuka aliran sumur geothermal Unit 5 dan 6 di area PT Pertamina Geothermal Energy Lahendong, Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Indonesia menjadi negara yang memiliki potensi cadangan panas bumi sangat besar yakni 40 persen cadangan geotermal atau panas bumi dunia ada di Tanah Air. Ada juga energi terbarukan lain yang telah dimanfaatkan, yakni tenaga surya dan hidro walau masih terbatas.

"Secara total, potensi energi bersih yang Indonesia miliki adalah sebesar 3.687 gigawatt (GW). Namun yang baru dimanfaatkan hanya mencapai 12,6 GW atau hanya sebesar 0,3 persen dari total potensi yang dimiliki," kata Direktur Eksekutif Traction Energy Asia, Tommy Pratama, dalam keterangan di Jakarta, Senin (15/1).

Seperti dikutip dari Antara, Tommy mengatakan Indonesia dengan kekayaan alam hutan yang ada, bisa menjadi pelopor dalam transisi energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain mengurangi ketergantungan terhadap energi kotor, juga bisa mengelola sumber daya energi bersih untuk mempertahankan hidup orang banyak.

Tommy mengungkapkan ada enam energi terbarukan di Indonesia yang bisa dioptimalkan. Pertama, geotermal atau panas bumi. Indonesia menjadi negara kedua dalam hal kapasitas terpasang energi panas bumi, setelah Amerika Serikat.

Sebagai pembangkit listrik, perkiraan sumber daya dan cadangan sebesar 28.000 megawatt (MW). Potensi sumber daya panas bumi terkini, menurut laporan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) sekitar 25.600 MW.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top