Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Indonesia Dorong Asean Jadi Destinasi Tunggal Pariwisata

Foto : VoA/PT TWC
A   A   A   Pengaturan Font

Asean Tourism Forum (ATF) akan digelar di Yogyakarta 2-5 Februari 2022. Pertemuan terbesar sektor pariwisata di kawasan ini, diharapkan menjadi tonggak untuk bangkit bersama, setelah pandemi Covid-19 membuatnya mati suri.

YOGYAKARTA - Sebagai ketua Asean tahun ini, Indonesia memiliki misi pada banyak hal, termasuk di sektor pariwisata, yang akan dibahas dalam gelaran Asean Tourism Forum (ATF) akhir pekan ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataan rutin mingguan menyebut, Indonesia ingin mendorong Asean sebagai destinasi tunggal pariwisata.

"Bagaimana kita sebagai ketua Asean, mendorong konsep Asean as single destination. Dan pariwisata, sesuai dengan semangat G20 kemarin, sebagai agent of transformation atau agen transformasi yang berpusat pariwisata berbasis masyarakat," kata Sandiaga, ketika memaparkan tujuan yang ingin diraih melalui penyelenggaraan ATF di Yogyakarta.

Indonesia, sebagaimana mayoritas negara lain, saat ini sedang berupaya memulihkan sektor pariwisatanya. Pelonggaran aturan di berbagai wilayah menjadi salah satu kesempatan. Asean diharapkan mampu memanfaatkan perkembangan situasi menurunnya ancaman Covid-19. ATF akan menjadi ajang untuk membicaraka strategi bersama pulih pasca pandemi.

"Karena kalau dilihat, Asean ini yang paling lambat dibanding Eropa, dibanding Amerika, kita pemulihannya ini tergolong lebih lambat. Memang tiga pasar utama Asean ini, Thailand, Indonesia, Malaysia, bertumbuh. Tapi tidak memberikan pertumbuhan yang setara dengan pertumbuhan yang terjadi di belahan dunia lainnya," tambah Sandiaga.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top