Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Indonesia Apresiasi Dukungan Mesir dan Qatar yang Membantu Evakuasi WNI dari Gaza

Foto : ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait evakuasi WNI keluar dari Jalur Gaza Palestina di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Lalu Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia mengapresiasi dukungan Mesir dan Qatar karena telah membantu proses evakuasi warga negara Indonesia dari Gaza, Palestina.

"Mesir dan Qatar adalah di antara negara yang ikut bantu proses evakuasi WNI dari Gaza. PemerintahIndonesia sangat menghargai dukungan tersebut," kata Iqbal dalam sebuah pernyataan kepada media yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkomunikasi langsung secara intensif dengan semua pihak yang memiliki aset di Gaza.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia saat ini masih mengupayakan evakuasi satu keluarga WNI dari Jalur Gaza, yang telah didera serangan udara tanpa henti dari Israel sejak 7 Oktober.

"Saat ini kita masih berusaha untuk evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza di tengah situasi yang sangat kritis," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi empat WNI, yaitu Abdillah Onim dan tiga anaknya serta istrinya yang adalah warga Palestina, dari Jalur Gaza ke Kairo, Mesir.

"Alhamdullillah, puji syukur, pada 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 pada 3 November WIB, empat WNI dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top