Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
IKN Nusantara

IKN Jangan Menghilangkan Budaya Lokal

Foto : ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Menko PMK, Muhadjir Effendy ketika berada di kegiatan Puncak Acara Festival Harmoni Budaya Nusantara 2023 di Lapangan Taruna Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (3/11).

A   A   A   Pengaturan Font

IKN Jangan Menghilangkan Budaya Lokal

PENAJAM PASER UTARA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) jangan sampai menghilangkan identitas dan budaya lokal. Hal tersebut disampaikan dalamFestival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN), di Penajam Paser Utara.

"Pembangunan IKN tak boleh menghilangkan identitas dan budaya lokal, tapi harus memperhatikan ekologi, ekonomi, sosial dan budaya serta memahami keragaman dan kondisi sosial masyarakat lokal," ujar Muhadjir, dalam laporan FHBN, Jumat (3/11).
Festival Harmoni Budaya Nusantara, kata Muhadhir, sebagai wujud harmonisasi antara pembangunan infrastruktur dengan kebudayaan di IKN Nusantara.

Ia mengatakan Puncak Acara Festival Harmoni Budaya Nusantara digelar di Kecamatan Sepaku dengan harapan pembangunan infrastruktur di wilayah itu dapat berjalan beriringan dengan kelestarian kebudayaan sebagai karakter bangsa.

Selain melakukan pembangunan infrastruktur, lanjut dia, pemerintah pusat juga berkomitmen melestarikan kebudayaan dalam mengembangkan nilai budaya lokal daerah penyangga.

Budaya serta adat istiadat yang ada di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara harus tetap dilestarikan, sehingga dapat terus dikenali dari generasi ke generasi, karena tetap terjaga seiring perkembangan IKN Nusantara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top