Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hasto Serukan Temukan Akar Kasus "Stunting" Agar Intervensi Lebih Spesifik

Foto : bkkbn.go.id
A   A   A   Pengaturan Font

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menekankan agar kegiatan audit kasus stunting dapat menemukan akar permasalahan stunting agar intervensi yang dilakukan bisa lebih spesifik.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menekankan agar kegiatan audit kasusstuntingdapat menemukan akar permasalahanstuntingagar intervensi yang dilakukan bisa lebih spesifik.

"Audit kasusstuntingini sangat bermanfaat, yang paling penting kita perhatikan itu, akar penyebab masalah, yang harus ditemukan dengan metoderoot cause analysis(analisis akar permasalahan), dan yang namanya auditstuntingya bagian dariroot cause analysisitu," kata Hasto dalam siniar praktik baik audit kasusstuntingkeempat yang diikuti di Jakarta, Selasa (21/11).

Ia menyebutkan, selama ini penangananstuntingmasih menggunakan pendekatan dengan spektrum yang luas, atau dipukul rata pada semua bidang, baik itu perbaikan pada lingkungan, maupun pemberian asupan makanan.

"Padahal sebetulnya kasusstuntingorang per orang itu bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Misalnya, dalam suatu lingkungan sanitasinya sudah bagus, rumahnya juga (bersih), airnya ada, tetapi ternyata dia ada penyakit yang mendasari karena terlena tidak imunisasi, jadi terkena tuberkulosis (TB) misalnya, dan TB itu akan sangat menggerogoti tumbuh kembang anak," ujar dia.

Untuk itu, Hasto menegaskan agar audit kasusstuntingini dapat betul-betul menemukan akar permasalahan, sehingga semakin ke depan, penanganan terhadapstuntingsemakin spesifik.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top