Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Krisis Semenanjung Korea

Guterres Peringatkan Kehancuran Dunia dari Bahaya Perlombaan Senjata Nuklir

Foto : AFP/JOHN MINCHILLO

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, pada Selasa (26/9) memperingatkan perlombaan senjata nuklirbaru yang membawa ancaman terhadap "Kehancuran" dunia, setelah Pyongyang mengatakan bahwa semenanjung Korea berada di ambang perang nuklir.

Dikutip dari The Straits Times, ketika negara-negara bersenjata nuklir memperluas dan memodernisasi persenjataan mereka, Guterres menyerukan upaya revitalisasi untuk mengurangi dan hingga akhirnya memusnahkan senjata-senjata tersebut.

"Perlombaan senjata baru yang mengkhawatirkan sedang terjadi. Jumlah senjata nuklir bisa meningkat untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade," kata Guterres di hadapan sidang tahunan Majelis Umum PBB.

"Setiap penggunaan senjata nuklir kapan pun, di mana pun, dan dalam konteks apa pun akan menimbulkan bencana kemanusiaan yang sangat besar," katanya.

"Pedang nuklir kembali diguncang. Ini adalah kegilaan. Kita harus membalikkan arah".
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top