Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Multilateral

Forum WTO Diperkirakan Sulit Capai Kesepakatan Perdagangan Penting

Foto : FABRICE COFFRINI/AFP

Direktur Jenderal WTO, Ngozi Okonjo-Iweala

A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA - Para menteri perdagangan dunia diperkirakan akan melakukan pembahasan tentang perikanan dalam sesi akhir konferensi tingkat menteri ke-13 Organisasi Perdagangan Dunia atau ministerial conference (MC13) World Trade Organization (WTO) di Abu Dhabi akhir bulan ini, namun kemungkinan besar akan sulit mencapai kesepakatan penting lain.

Dikutip dari France 24, beberapa permasalahan masih belum terselesaikan menjelang pertemuan tingkat menteri dua tahunan WTO ini, seiring meningkatnya kekhawatiran atas dampak ketegangan geopolitik dan pemilu AS terhadap perdagangan global.

Dua tahun lalu di Jenewa, pertemuan besar terakhir WTO mencapai kesepakatan di bidang perikanan, paten vaksin Covid-19, dan perlunya reformasi badan perdagangan global itu sendiri.

Namun menjelang acara puncak, yang dijadwalkan pada 26-29 Februari, para diplomat perdagangan mengakui mereka tidak mungkin akan mencapai hal yang sama. "Ini akan menjadi sedikit pertarungan," kata seorang diplomat Barat, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Rashid Kaukab, ahli di sekolah bisnis Institut Internasional di Jenewa atau International Institute in Geneva (IIG), mengatakan dia sangat optimistis beberapa kesepakatan dapat dicapai. "Namun tidak ada ledakan besar, tidak ada solusi untuk semuanya," kata mantan diplomat Pakistan itu.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top