Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

DK PBB Serukan Penunjukan Utusan Khusus untuk Afghanistan

Foto : UN/Handout via Xinhua

Perwakilan memberikan suara mengenai rancangan resolusi dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di markas besar PBB di New York, pada 29 Desember 2023. Dewan Keamanan pada hari Jumat mengadopsi resolusi untuk mendorong negara-negara anggota PBB dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mempertimbangkan penilaian independen Afghanistan dan implementasi rekomendasinya.

A   A   A   Pengaturan Font

PBB - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengadopsi resolusi pada Jumat (28/12) yang menyerukan penunjukan utusan khusus untuk Afghanistan untuk meningkatkan keterlibatan PBB dengan negara tersebut dan para pemimpin Taliban.

Hal ini menyusul laporan penilaian independen yang dikeluarkan pada bulan November yang menyerukan keterlibatan yang lebih besar dengan Afghanistan setelah kembalinya kekuasaan Taliban pada Agustus 2021.

Resolusi tersebut meminta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk menunjuk utusan khusus untuk mempromosikan rekomendasi laporan independen tersebut, khususnya mengenai gender dan hak asasi manusia.

Resolusi tersebut diadopsi setelah 13 anggota Dewan Keamanan memberikan suara mendukung, sementara Rusia dan Tiongkok abstain.

"UEA dan Jepang sangat yakin bahwa penilaian independen ini akan menjadi dasar terbaik untuk diskusi ke depan," kata Duta Besar Jepang untuk PBB Yamazaki Kazuyuki menjelang pemungutan suara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top