Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sektor Pertanian

Daerah Rentan Rawan Pangan Terus Ditekan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyampaikan daerah rentan rawan pangan turun. Hal ini dinilai sebagai indikasi yang positif terkait ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan.

Berdasarkan Peta Kerentanan dan Ketahanan Pangan/ Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA), kabupaten/ kota rentan rawan pangan menurun dari 74 kabupaten/ kota pada 2022 menjadi 68 kabupaten/kota pada 2023.

Plt. Sekretaris Utama Bapanas, Sarwo Edhy mengatakan penurunan daerah rentan rawan pangan harus terus didorong dengan semangat sinergi yang kuat baik antara pusat dan daerah maupun antardaerah.

"Kami terus mengingatkan bahwa sinergi adalah kunci utama menyelesaikan tantangan pangan dan gizi yang memerlukan komitmen semua elemen untuk bersinergi bersama. Karena itu, apresiasi kepada Dinas Pangan seluruh provinsi dan kabupaten/ kota yang terus mengawal penguatan ketahanan pangan di daerah yang tentunya mendukung ketahanan pangan nasional," ujar Sarwo dikutip dari keterangan resmi Bapanas, Minggu (10/12).

Sarwo juga mengingatkan menjelang momentum Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), upaya stabilisasi pangan harus menjadi perhatian bersama. Adanya neraca pangan daerah sangat strategis sebagai dasar pengambilan kebijakan dan intervensi di daerah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top