Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Dampak El Nino - Pemda Banten Tetapkan Status KLB Bencana Kekeringan hingga Sebulan ke Depan

Daerah Alami Krisis Air

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Peningkatan dan perbaikan infrastruktur perairan harus menjadi prioritas pemerintah, mengingat dampak krisis air memang cukup mengkhawatirkan.

JAKARTA - Sejumlah daerah alami krisis air bersih akibat kemarau panjang. Kondisi ini mengancam pasokan air untuk konsumsi dan tanaman.

Di Provinsi Banten, pemerintah daerah (pemda) setempat telah menetapkan status tanggap darurat atau kejadian luar biasa (KLB) bencana kekeringan hingga satu bulan ke depan.

Baca Juga :
UMKM Bertumbuh

Kekeringan tidak hanya mengancam manusia, tetapi juga banyak mahkluk hidup. Di Bali, kawanan rusa dan burung jalak bali di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) harus keluar dari kawasan konservasi tersebut karena kesulitan mendapatkan air.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, menyerukan peningkatan dan perbaikan infrastruktur harus menjadi prioritas pemerintah demi keberlangsungan lingkungan hidup di Tanah Air. Mengingat dampak krisis air memang sudah cukup mengkhawatirkan.

"Beberapa rusa di Pulau Menjangan (Bali) dilaporkan menyeberangi lautan untuk mendapatkan air di kawasan Teluk Brumbun. Begitu pula burung jalak bali atau curik yang kerap datang ke tempat penampungan air milik warga yang berdampingan dengan hutan," ungkap Iwan Aras dikutip dari laman resmi DPR RI, Selasa (26/9).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top