Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Cegah Penyebaran Omicron dengan Vaksinasi dan 5M

Foto : Justin TALLIS / AFP

An illustration picture taken in London on December 2, 2021 shows four syringes and a screen displaying the word 'Omicron', the name of the new covid 19 variant.

A   A   A   Pengaturan Font

Kini ­varian Omicron ­sudah ­masuk Indonesia. ­Sekarang yang harus kita ­lakukan ­adalah berupaya sekuat tenaga agar varian ­Omicron ­tidak meluas dan jangan ­sampai ­terjadi ­penularan ­lokal.

Virus Covid-19 varian Omicron tidak terelakkan sudah masuk ke Indonesia. Kasus pertama ditemukan pada seorang pekerja pembersih di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran yang berawal dari temuan tiga pekerja di lokasi tersebut terdeteksi positif Covid-19. Pekerja dengan virus Omicron tersebut tidak mengalami gejala.

Selain satu kasus yang telah terkonfirmasi di RSD Wisma Atlet Kamayoran, ada lima kasus lagi yang kemungkinan besar varian Omicron. Dua kasus di antaranya sedang melakukan karantina di Wisma Atlet Jakarta, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Sementara tiga orang lainnya adalah Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang berkunjung ke Manado.

Ketiganya saat ini melakukan karantina di Manado, Sulawesi Utara.

Meski baru hari ini resmi diumumkan, banyak pihak percaya varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini, sudah lama masuk Indonesia mengingat karakter varian Omicron adalah penyebarannya yang sangat cepat. Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono menyebut varian Omicron sudah lama masuk dan beredar di Indonesia, hanya saja baru terdeteksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization, WHO) pun memperkuat dengan menyatakan bahwa varian baru Virus Corona Omicron menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dipastikan sudah menyebar di 77 negara. Tidak tertutup kemungkinan sudah menyebar di banyak negara lainnya namun belum terdeteksi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top