Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pelonggaran PPKM I Pembukaan TMII dan Ancol Sebatas Uji Coba

Bioskop Belum Akan Dibuka

Foto : ANTARA/Ricky Prayoga

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan pernyataan pada awak media di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/9/2021) malam.

A   A   A   Pengaturan Font

Bioskop-bioskop di DKI Jakarta masih belum akan dibuka, meskipun telah mulai ada pelonggaran aturan PPKM.

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut rencana operasional bioskop di Jakarta masih dipertimbangkan oleh pihak terkait, namun belum dipastikan untuk dilakukan pembukaan.
"Bioskop saat ini sedang dipertimbangkan, didiskusikan, dan dibahas, akan tetapi belum dibuka," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/9) malam.
Untuk pembukaan fasilitas yang termasuk sebagai tempat rekreasi tersebut, kata Riza, akan dicari waktu dan momen yang tepat."Pembukaannya dicari waktu dan momen yang tepat ya. Jadi saat ini belum ada keputusan ya kapan dibuka," ucap Riza setelah sebelumnya beredar kabar bahwa bioskop akan kembali beroperasi mulai 14 September 2021.
Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia, Djonny Syafruddin membenarkan dengan sejumlah catatan. "Betul, tapi begini bioskop tidak sama dengan tempat hiburan lain yang hari ini diumumkan boleh beroperasi, maka besok langsung buka. Sementara kami butuh waktu," kata Djonny, Rabu kemarin.
Pengusaha bioskop butuh waktu persiapan mengingat syarat masuk bioskop bertambah satu, yakni "menyaring" calon penonton dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga pekerja bioskop harus mengetahui cara tersebut. "Pertama, kami harus cek stok film apa saja yang siap tayang. Kedua, persiapan gedung dengan sarananya. Ketiga, tata cara memindai kode batang lewat aplikasi Peduli Lindungi," ucap Djonny.
Ia menyebut syarat ketiga mutlak karena harus dilaporkan ke pihak terkait. Terkait memfilter penonton dengan aplikasi Peduli Lindungi, Djonny tak masalah dan malah mendukung. "Kami dukung karena bagaimanapun kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang utama," tutur Djonny.
Namun demikian, Djonny menegaskan rencana bioskop buka kembali pada 14 September 2021 belum dapat dipastikan terealisasi. "Ini jangan dianggap 100 persen berlaku karena belum ada hitam di atas putih. Masih menunggu kepastian hingga 13 September 2021. Namun kami terus mempersiapkan diri," tutur Djonny.

Dibuka Bertahap
Ahmad Riza Patria menegaskan objek wisata di Jakarta termasuk Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) belum dibuka bagi masyarakat sehingga status keduanya sampai saat ini masih uji coba.
"Belum diputuskan untuk dibuka, saat ini sedang diuji coba dan dirapatkan, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama bisa ada keputusan," tegasnya.
Saat ini Ancol dan TMII, lanjut Riza sedang diuji coba yang kemungkinan akan bertambah secara bertahap pada tempat lainnya. "Kenapa dua tempat itu, karena ramai, jadi dua tempat itu yang diujicoba," ujarnya.
Diketahui, Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan dua tempat wisata yakni Ancol dan TMII setelah pemerintah mulai melonggarkan aturan PPKM level tiga di Ibu Kota. "Buka untuk uji coba di TMII dan Ancol," kata Kepala Seksi Pengawasan Hiburan dan Rekreasi Bidang Industri Pariwisata Disparekraf Iffan di Jakarta, Rabu (8/9).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 1072 tahun 2021 tentang PPKM level tiga yang di dalamnya mengatur uji coba pembukaan tempat wisata tertentu. Uji coba tempat wisata itu sesuai Instruksi Mendagri Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM level 4,3 dan 2 di Jawa dan Bali berlaku 7-13 September 2021.
Dalam Keputusan Gubernur DKI yang terbaru itu, tempat wisata wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Kemudian, jam operasional hingga pukul 21.00 WIB dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu, anak dengan usia kurang dari 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata dalam uji coba itu.
Adapun daftar tempat wisata yang mengikuti uji coba itu ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Rencana uji coba pembukaan tempat wisata itu dilakukan setelah melalui pembahasan dalam rapat yang dipimpin langsung Gubernur Anies Baswedan pada Selasa (7/9).


Redaktur : Sriyono
Penulis : Yohanes Abimanyu

Komentar

Komentar
()

Top