Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Biofarma Akan Produksi Alat Tes COVID-19 Baru Dengan Cara Berkumur

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Alat tes COVID-19 akan diluncurkan Oleh Biofarma yang lebih nyaman dari yang lain dengan nama Bio Saliva.

PT Biofarma akan merilis alat uji deteksi COVID-19 dengan cara berkumur, yang diberi nama Bio Saliva. Metode kumur disebut jauh lebih nyaman untuk mendeteksi keberadaan SARS-CoV-2 dalam tubuh pasien dengan atau tanpa gejala.

Honesti Basyir Direktur PT Biofarma mengatakan, alat terbaru itu akan diproduksi sebanyak 40.000 unit per bulan pada tahap awal. Produk ini mampu mendeteksi semua virus yang tengah berkembang ditubuh.

"Yang kumur-kumur itu baru akan kita produksi sekitar 40.000 unit per bulan. Khusus Bio Saliva ini produk terbaru yang bisa mendeteksi semua virus yang sekarang sedang berkembang di Indonesia," katanya dalam rapat bersama DPR, Rabu (7/7/2021).

Kenaikan kasus infeksi yang tengah terus semakin naik membuat Biofarma belum bias menetapkan harga yang cocok untuk alat ini. Perusahaan BUMN ini akan mengajukan harga awal kepada BPKP yang kemudian akan langsung disebar ke pasar. "Harganya sedang kita usulkan kepada BPKP nanti kita dapatkan HET dari Kemenkes. Sekarang lagi kita lakukan uji di beberapa laboratorium untuk uji akurasinya," jelasnya.

Honesty mengatakan kalau harga Bio Saliva ini akan lebih mahal dengan rapid test antigen yang saat ini banyak dipakai masyarakat. "Harga pasti tidak murah, karena standarisasinya lebih tinggi," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Zulfikar Ali Husen

Komentar

Komentar
()

Top