Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Biden: Saya Tidak Ingin Membendung Tiongkok

Foto : CBS News/GI

Presiden Biden mengadakan konferensi pers di Hanoi pada 10 September 2023, pada hari pertama kunjungannya di Vietnam. Biden melakukan perjalanan ke Vietnam untuk memperdalam kerja sama antara kedua negara, dalam menghadapi ambisi Tiongkok yang semakin besar di kawasan tersebut.

A   A   A   Pengaturan Font

HANOI - Presiden AS Joe Biden pada Minggu (10/9) bersikeras tidak ingin "menahan" Tiongkok, karena kedua negara tersebut menghadapi perpecahan yang semakin mendalam dalam perdagangan, keamanan, dan hak asasi manusia.

Biden mengatakan telah bertemu Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di KTT G20 di New Delhi dan membahas "stabilitas". Pertemuan tersebut belum diumumkan oleh Gedung Putih.

"Tim saya, staf saya masih bertemu dengan rakyat Presiden Xi dan kabinetnya," kata Biden kepada wartawan."Saya bertemu dengan orang nomor 2 di India hari ini."

Dia menambahkan,"Kami berbicara tentang stabilitas," dan Belahan Bumi Selatan."Itu sama sekali tidak konfrontatif."

Presiden Biden mengungkapkan pertemuannya di Hanoi, dimana pada hari sebelumnya ia menyetujui kesepakatan untuk memperdalam hubungan dengan Vietnam ketika Washington berupaya memperkuat jaringan sekutunya di Asia dan Pasifik dalam menghadapi meningkatnya pengaruh Beijing.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top