Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

BI: Realisasi Layanan Penukaran Rupiah Capai Rp75 Triliun

Foto : ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim membuka layanan kas keliling terpadu penukaran rupiah melalui kerja sama BI dan perbankan di Istora Senayan Jakarta, Kamis (28/3/2024).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA -Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan hingga saat ini realisasi layanan penukaran rupiah melalui kerja sama BI dan perbankan telah mencapai Rp75 triliun atau 38 persen dari total dana yang disiapkan.

"Data baru sampai dengan hari kemarin jumlah yang sudah keluar itu sebesar Rp75 triliun dari Rp197,6 triliun. Jadi hampir 38 persen," kata Marlison dalam acara pembukaan layanan kas keliling terpadu BI dan perbankan di Istora Senayan Jakarta, Kamis (28/3).

BI telah menyiiapkan uang layak edar (ULE) dengan total senilai Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah bagi masyarakat pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024.

Total Rp197,6 triliun tersebut disalurkan sebagian besar kepada perbankan untuk melayani masyarakat dalam hal penukaran rupiah. 60 persen dari total tersebut terserap di Jawa, dan 40 persen ke wilayah-wilayah lainnya seperti Bali dan Nusa Tenggara sesuai dengan kebutuhan dan sebaran kantong-kantong mudik.


Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top