Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Prospek Perekonomian

BI Optimistis Ekonomi RI Kembali ke Jalur Pemulihan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Perekonomian Indonesia diproyeksikan kembali ke jalur yang lebih tinggi dalam jangka menengah. Prospek tersebut didukung oleh perbaikan ekonomi global, peningkatan produktivitas domestik sebagai akibat dari reformasi struktural termasuk percepatan reformasi digitalisasi ekonomi, keuangan negara, dan pasar primer, serta penguatan sektor usaha kecil dan menengah.

"Pengembangan ekonomi syariah dan keuangan halal, termasuk industri halal juga sangat berkontribusi terhadap kinerja ekonomi secara keseluruhan," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung dalam acara Business Forum Indonesia Halal Markets yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (14/3).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan meningkat pada 2022 dan tumbuh dalam rentang 4,7 persen sampai 5,5 persen, didukung oleh konsumsi swasta yang lebih kuat, kinerja ekspor yang solid, dan investasi yang lebih baik.

Dia menuturkan proyeksi pertumbuhan tersebut turut didukung dengan peningkatan mobilitas masyarakat, semakin cepatnya peluncuran program vaksinasi, pembukaan kembali pusat-pusat ekonomi, dan kebijakan yang sedang berjalan.

Sektor ekonomi utama seperti industri manufaktur, perdagangan, konstruksi, dan pertanian akan mendapatkan momentum ekonomi pada tahun ini. "Kami juga berharap pariwisata akan memulai momentum dengan normalisasi mobilitas, terutama dengan adanya perhelatan Moto GP di Mandalika, Lombok," tambahnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top