Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebijakan Moneter I The Fed Pertimbangkan Hanya Sekali Turunkan Suku Bunga

BI dalam Tekanan Menaikkan Suku Bunga

Foto : ISTIMEWA

Bank Indonesia (BI)

A   A   A   Pengaturan Font

» Rupiah terus tertekan dan hingga pekan ini sudah mencapai level terlemah dalam lima bulan terakhir

JAKARTA - Beberapa pejabat di Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (the Fed) sedang mempertimbangkan hanya akan satu kali menurunkan suku bunga pada tahun ini. Pertimbangan tersebut lebih sedikit dibandingkan perkiraan awal yakni penurunan sebanyak tiga kali.

Presiden Fed Atlanta, Raphael Bostic, yang saat ini menjadi anggota pemungutan suara di komite penetapan suku bunga the Fed, menyarankan agar bank sentral hanya menurunkan suku bunga satu kali pada tahun ini.

"Perekonomian terus memberikan kejutan dan menjadi lebih kuat daripada yang saya perkirakan atau proyeksikan," kata Bostic, pekan lalu, seperti diberitakan CNN, Rabu (27/3). Hal itu yang mengubah keyakinannya bahwa bank sentral harus menurunkan suku bunga hanya sekali tahun ini.

Suku bunga the Fed saat ini berkisar 5,25-5,50 persen atau level tertinggi dalam 23 tahun. Sebanyak empat dari 19 pejabat di komite penetapan suku bunga saat ini memperkirakan suku bunga akan tetap di atas 5 persen tahun ini, yang menyiratkan hanya satu kali penurunan atau tidak ada penurunan sama sekali menurut proyeksi dari pertemuan minggu lalu.

Sementara itu, pada Desember 2023 lalu, tiga pejabat the Fed melihat tingkat suku bunga akan tetap di atas 5 persen. Hanya satu pejabat yang melihat tingkat suku bunga turun di bawah 4,5 persen, menyiratkan empat kali pemotongan pada tahun ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top