Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Berita Gembira, Pemprov Sulsel Tebar 21 Ribu Benih Ikan Untuk Ketahanan Pangan

Foto : ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menebar 2.000 benih ikan nila di mata air/kolam Desa Wollangi, Kabupaten Bone, Minggu (26/11/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Makassar - Berita gembira, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penebaran 21.000 ekor benih ikan nila di mata air atau kolamDesa Wollangi, Kabupaten Bone, Minggu, untuk mendukung terwujud ketahanan pangan di daerah tersebut.

Kegiatan itu, antara lain dilakukan PenjabatGubernur Sulsel Bahtiar Baharuddinbersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad IlyassertaPenjabat Bupati Bone Andi Islamuddin.

Bahtiar menjelaskan ketahanan pangan menjadi program prioritas karena menyediakan sumber pangan bagi masyarakat.

Maka dari itu, pengembangan budi daya ikan air tawar juga dilakukan untuk menyokong pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat.

Ia menyebut penetapan APBD Sulsel 2024 memprioritaskan anggaran pada kelautan dan perikanan, termasuk pembagian bibit ikan air tawar, selain pertanian dan peternakan.

"Maka kita manfaatkan seluruh embung, kolam, dan bendungan yang ada airnya agar produktif," kata dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas mengatakan selain program 100.000 rumpon di laut, pemberian benih ikan air tawar juga menjadi program yang akan dijalankan.

Pemprov Sulsel menganggarkan bantuan pembangunan rumah ikan atau rumpon untuk para nelayan di wilayah tersebut senilai Rp109 miliar pada 2024. Rumpon yang akan dibangun direncanakan 68.280 unit tersebar di 19 kabupaten/kota.

Dari total penganggaran tersebut, selain untuk bantuan pembangunan rumpon juga akan digunakan untuk program asuransi bagi 10.000 nelayan se-Sulsel, rehabilitasi sarana prasarana enam pelabuhan perikanan yang menjadi sentra usaha nelayan, hingga program pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

"Di Bone, setelah 50.000 bibit ditebar Pak Gubernur dua pekan lalu, ini ada 21.000 ditebar untuk masyarakat sekitar sini," ujarnya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top