Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Berenang Bersama Hiu

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebagai taman nasional laut Taman Nasional (TN) Taka Bonerate saat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup menarik wisatawan, terutama para pecinta snorkeling dan juga selam. Dengan luas terumbu karang mencapai 500 hektare dan luas atol mencapai 220 hektare, tempat ini menjadi surga wisata bahari di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ada beberapa spot diving yang bisa dicoba, seperti spot Mercusuar yang memiliki karakteristik lokasi berupa karang tepi (fringing reef) dengan suhu 27 derajat dan pola arus berupa arus susur pantai. Kecepatan arusnya 0,25 meter per detik dengan kedalaman antara 5-8 meter, kecerahan perairan mencapai 10 meter, serta kondisi karang hidup mencapai 30-70 persen.

Ada pula The Rivers Spot yang terletak di Pulau Jinato. Spot diving ini memiliki karakteristik karang slope/wall/drop off. Suhu airnya 28 derajat dengan pola arus berupa arus susur pantai, dengan kecepatan 0,15 meter per detik, dengan kedalaman antara 5-10 meter, kecerahan mencapai 20 meter, dengan kondisi karang hidup mencapai 20-78 persen.

Selanjutnya, ada Jinato Wall Paradise yang berada di perairan Pulau Jinato. Spot ini merupakan salah satu spot diving paling bagus dengan kedalaman 5-15 meter dan kecerahan mencapai 15-20 meter. Kondisi terumbu karangnya sangat baik, dengan tutupan karangnya 57-83 persen.

Selain karang keras dan lunak, berbagai jenis biota laut juga bisa ditemui di Jinato Wall Paradise, seperti butterfly fish, cardinal fish, angelfish, grouper, surgeon fish, damselfish, triggerfish, lobster, eagle rays, belut moray, dan kima.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top