Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Bekasi Siapkan Rp100 Miliar Atasi Banjir

Foto : ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Banjir menggenangi ruas jalan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada pekan kedua Bulan Januari 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

Bekasi Siapkan Rp100 Miliar Atasi Banjir

BEKASI - Anggaran sebesar 100 miliar yang diambil dari APBD 2024 disiapkan untuk penanganan banjir. "Kegiatan tersebut akan dilaksanakan melalui program padat karya," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, di Cikarang, Selasa (23/1).

Dia mengatakan, program padat karya tahun ini kembali digulirkan sebagai salah satu upaya penanganan bencana banjir dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Program mencakup kegiatan normalisasi saluran air, pembangunan tanggul, dan perbaikan drainase. Kemudian, pemasangan konstruksi saluran dan aspek lain. Pengerjaannya melibatkan partisipasi masyarakat sekitar area pelaksanaan kegiatan.

"Titik banjir memang perlu perhatian penuh serta kekompakan bersama. Sebab ini tidak bisa hanya dikerjakan perangkat daerah," katanya. Henri menyebutkan, sejumlah perangkat daerah juga terlibat dalam menangani banjir. Mereka adalah petugas BPBD dan Disperkimtan yang memang berwenang melakukan penanganan banjir wilayah perumahan.

"Sedangkan dinas SDA ada program pembangunan padat karya. Ini akan melibatkan warga sekitar sebagai upaya pemberdayaan perekonomian masyarakat," jelas Henri. Sedangkan Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengakui bahwa beberapa saluran air menyebabkan banjir karena kondisi yang kurang baik maupun belum terkoneksi dari sisi distribusi air.

"Maka, pemerintah akan berkomunikasi secara intensif dengan masyarakat untuk membangun saluran air," tutur Dani. Dia mengakui memang banyak drainase tak terkoneksi dengan penyaluran air.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top