Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Virus Korona

Awas, Perokok Sangat Rentan Terinfeksi Covid-19

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Perokok bisa jadi rentan terhadap infeksi Covid-19, karena paru-paru mereka mengandung banyak titik masuk yang dapat dimanfaatkan virus.

Infeksi Covid-19 dimulai pada reseptor ACE2, protein yang terletak di permukaan sel di seluruh tubuh, termasuk di saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Virus korona yang menyebabkan Covid-19, harus ditancapkan ke reseptor ACE2 untuk menyuntikkan materi genetiknya ke dalam sel, bereplikasi dan menyebar. Sekarang, penelitian pendahuluan menunjukkan paru-paru yang terpapar asap rokok menumpuk di sejumlah besar reseptor ACE2 yang abnormal, yang dapat membuat organ rentan terhadap kerusakan yang ditimbulkan virus korona.

"Telah dilaporkan bahwa perokok yang terpapar Covid-19 cenderung memiliki infeksi yang lebih parah daripada yang bukan perokok," ungkap Jason Sheltzer, peneliti di Cold Spring Harbor Laboratory di New York. Peningkatan reseptor ACE2, lanjutnya, bisa menjadi salah satu alasan mengapa perokok begitu sakit akibat korona virus.

Sementara itu, Stephanie Christenson, Professor in the Division of Pulmonary, Critical Care, Allergy, and Sleep Medicine at University of California, San Francisco, mengatakan jika ekspresi ACE2 tinggi atau rendah terhadap prognosis Anda secara keseluruhan, itu artinya ada sesuatu yang telah dilakukan perokok terhadap tubuh.

"Merokok melakukan banyak hal pada tubuh. Dan bisa jadi efek merokok pada level ACE2 bukan faktor yang paling penting, tetapi akibatnya sangat signifikan," tukasnya.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top