Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

AS Upayakan Kolaborasi dengan Tiongkok Atasi Tantangan Global

Foto : OLIVIER DOULIERY/AFP

Menkeu AS, Janet Yellen

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Menteri Keuangan, Janet Yellen, pada Kamis (2/11), mengatakan Amerika Serikat (AS) berupaya bekerja sama dengan Tiongkok dalam mengatasi tantangan global mulai dari perubahan iklim hingga kesulitan utang, namun tidak akan berkompromi dalam bidang-bidang seperti keamanan nasional.

Dikutip dari The Straits Times, pernyataan Yellen yang menguraikan pendekatan Washington terhadap hubungan AS-Tiongkok disampaikan menjelang pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) bulan ini di San Francisco, di mana Presiden Joe Biden akan bertemu dengan pemimpin Tiongkok, Xi Jinping, untuk pertama kalinya sejak mereka berunding di Bali tahun lalu.

"Kami tahu hubungan AS-Tiongkok merupakan salah satu hubungan paling penting di dunia. Kita harus melakukannya dengan benar," kata Yellen dalam sebuah acara di Washington.

Dia mengatakan, AS sedang berupaya untuk berkolaborasi dalam isu-isu internasional termasuk perubahan iklim dan kesulitan utang di negara-negara berpenghasilan rendah.

"Namun Washington tidak akan berkompromi dalam melindungi kepentingan keamanan nasionalnya dan memajukan hak asasi manusia," tambah Yellen.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top