Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS Setujui Penjualan Jet Tempur F-16 ke Turki

Foto : BBC/Reuters

Jet tempur F-16.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Pemerintah AS pada Jumat (26/1) menyetujui kesepakatan senilai 23 miliar dollar untuk penjualan pesawat tempur F-16 ke Turki, setelah Ankara meratifikasi keanggotaan Swedia di NATO, kata Departemen Luar Negeri AS.

Sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang AS, Departemen Luar Negeri memberi tahu Kongres tentang perjanjian tersebut, serta penjualan 40 unit F-35 ke Yunani senilai 8,6 miliar dollar.

Turki akan mendapatkan 40 unit pesawat F-16 baru dan peningkatan menjadi 79 jet di armada yang ada, kata Departemen Luar Negeri dalam siaran persnya.

Amerika Serikat tidak memberi lampu hijau pada transaksi tersebut sampai instrumen ratifikasi Turki atas keanggotaan Swedia tiba di Washington, kata seorang pejabat AS.

Semua instrumen ratifikasi harus disimpan di ibu kota AS - kota yang akan dikunjungi Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg minggu depan, dan akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak pada bulan Juli untuk menandai ulang tahun ke-75 aliansi trans-Atlantik itu.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top