Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Kawasan

AS Menyerang "Drone" Milik Kelompok Houthi dan Iran

Foto : XAVIER JIMENEZ/US NAVY/AFP

Kapal perusak Angkatan Laut AS menembak jatuh tiga drone Iran dan sebuah rudal yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi, Yaman, Rabu (31/1).

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS), pada Rabu (31/1), melancarkan serangan di Yaman terhadap 10 drone (pesawat tak berawak) penyerang dan sebuah stasiun kendali darat milik pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Dikutip dari Yahoo News, sebuah kapal perang AS juga dilaporkan menembak jatuh rudal antikapal yang ditembakkan oleh Houthi dan kemudian menjatuhkan tiga drone Iran.

Meskipun AS baru-baru ini melancarkan serangan terhadap kelompok Houthi dan kelompok lain yang didukung Teheran di wilayah tersebut, AS dan Iran berusaha menghindari konfrontasi langsung, dan jatuhnya tiga drone Iran dapat meningkatkan ketegangan.

"Pada Kamis pagi waktu setempat, pasukan AS menargetkan stasiun kendali darat UAV (pesawat tak berawak) Houthi dan 10 UAV kamikaze Houthi yang menimbulkan ancaman besar terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut," kata Centcom dalam sebuah pernyataan.

Centcom sebelumnya mengumumkan kapal perang USS Carney telah menembak jatuh rudal balistik antikapal yang ditembakkan oleh Houthi, dan kemudian menjatuhkan tiga drone Iran kurang dari satu jam kemudian. Namun, tidak disebutkan secara jelas apakah drone yang ditembak jatuh oleh kapal perusak angkatan laut itu dirancang untuk menyerang atau mengawasi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top