Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Anggaran Pembangunan

APBN 2024 Harus Berkualitas dan Hasilnya Dirasakan Rakyat

Foto : ISTIMEWA

ACHMAD MARUF Ekonom UMY - Maka beban APBN sebagai tumpuan ekonomi pada tahun depan lebih besar dari tahun-tahun nonpolitik. Ekonomi tahun depan akan sangat tergantung pada APBN.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 harus berkualitas dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat sebab tahun depan ada agenda besar pemilu serta transisi kekuasaan yang selalu mengganggu kegiatan ekonomi kalau tidak dikelola dengan hati-hati.

"Maka beban APBN sebagai tumpuan ekonomi pada tahun depan lebih besar dari tahun-tahun nonpolitik. Ekonomi tahun depan akan sangat tergantung pada APBN," kata ekonom dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Achmad Maruf kepada Koran Jakarta, di Yogyakarta, Kamis (28/9).

Selain itu, tambah Maruf, pemerintah juga harus memastikan APBN tahun depan tidak diganggu oleh kepentingan politik praktis baik oleh pemerintah sendiri dalam hal ini kementerian maupun oleh DPR yang menjadi representasi banyak partai dan caleg incumbent.

Sementara itu, pengamat ekonomi Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Yohanes B Suhartoko mengatakan pengelolaan APBN merupakan pencerminan dari kebijakan fiskal, di mana perspektif pro pertumbuhan seringkali lebih menonjol dibandingkan kebijakan moneter.

Menurut Suhartoko, berkaitan dengan pengelolaan APBN berkualitas yang diharapkan mendorong pertumbuhan atau lebih tajam lagi pembangunan yang berkelanjutan, pemerintah perlu memperhatikan beberapa hal berikut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top