Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Antisipasi Berita Bohong, Bawaslu Bangka Selatan Perkuat Literasi Informasi dan Dokumentasi

Foto : ANTARA/Ahmadi

Bawaslu Bangka Selatan dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu di media sosial, Minggu (3/12).

A   A   A   Pengaturan Font

Toboali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat literasi informasi dan dokumentasi, untuk menghindari kampanye hitam di media sosial dan media massa.

"Kita perkuat literasi terkait dengan informasi dan dokumentasi, untuk menghindari kampanye hitam dan mendeteksi berita hoaks atau bohong," kata Ketua Bawaslu Bangka Selatan Amri di Toboali, Minggu.

Pihaknya juga memperkuat kerja sama dan koordinasi dengan kalangan pekerja pers, sebagai garda dan pilar penting dalam menyukseskan kegiatan pengawasan kampanye Pemilu 2024.

"Kalangan pers merupakan mitra strategis kami, disamping kami terus meningkatkan produktivitas pemberitaan secara internal," ujarnya.

Ia mengatakan, kampanye melalui media baik itu medsos maupun media massa cetak dan elektronik merupakan bagian dari ranah pengawasan Bawaslu.

"Kita juga mengharapkan bantuan dari rekan-rekan pers untuk meluruskan informasi hoaks yang kerap muncul di media sosial," ujarnya.

Amri mengajak semua elemen masyarakat untuk memasang mata dan telinga, mengawasi tahapan pemilu agar berjalan jujur dan adil.

"Mari kita bersama mengawasi pemilu yang jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemilu yang sah dan terpercaya," ujarnya.

Ia juga mengimbau seluruh peserta pemilu untuk menaati aturan hukum pemilu, seperti tata cara pelaporan pelanggaran administratif dan sengketa dalam pemilu.

"Setiap peristiwa yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan segera lapor ke Bawaslu dan instansi terkait sehingga dapat diselesaikan dengan baik," ujarnya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top