Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Politik India

Anggota Parlemen Koalisi Dukung Penuh Modi

Foto : AFP/Money SHARMA

Modi Berterima Kasih | PM India, Narendra Modi, mengacungkan jari tanda kemenangan di markas Partai Bharatiya Janata di New Delhi, saat merayakan kemenangan partainya pada Selasa (4/6) lalu. Pada Jumat (7/6), PM Modi berterima kasih pada anggota parlemen koalisi karena dengan suara bulat setuju untuk mendukung masa jabatan ketiganya. 

A   A   A   Pengaturan Font

PM Narendra Modi berterima kasih kepada anggota parlemen koalisi karena dengan suara bulat setuju untuk mendukung masa jabatan ketiganya.

NEW DELHI - Perdana Menteri India, Narendra Modi, pada Jumat (7/6) berterima kasih kepada anggota parlemen sekutunya karena dengan suara bulat setuju untuk mendukung masa jabatan ketiganya, setelah pemilu yang sangat ketat memaksa partainya untuk bergantung pada mitra koalisi untuk mempertahankan kekuasaannya.

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang merupakan partai nasionalis Hindu yang dipimpin Modi telah memerintah selama satu dekade terakhir, namun kali ini gagal mengulangi dua kemenangan telak sebelumnya, hal ini bertentangan dengan ekspektasi para analis dan hasil jajak pendapat.

Modi akhirnya terpaksa segera melakukan perundingan kilat dengan koalisi Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang beranggotakan 15 partai agar ia bisa memiliki jumlah anggota parlemen yang cukup untuk memerintah.

Partai Modi belum mengungkapkan konsesi apa yang diberikan kepada anggota aliansi untuk mendapatkan dukungan mereka, namun beberapa partai besar sedang mencari portofolio menteri yang bagus.

"Saya sangat beruntung Anda memilih saya sebagai pemimpin NDA dengan konsensus penuh," kata Modi pada pertemuan hampir 300 anggota parlemen koalisi tersebut yang diadakan di parlemen India. "Mayoritas sangat penting untuk menjalankan negara, itulah esensi demokrasi. Namun untuk menjalankan suatu negara, konsensus juga penting," imbuh dia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top