Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Proyeksi Ekonomi

ADB Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5 Persen di 2023

Foto : ISTIMEWA

Direktur ADB untuk Indonesia, Jiro Tominaga

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) mempertahankan proyeksi mereka tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 di level 5 persen. Dalam Asian Development Outlook (ADO) Desember 2023, ADB mengatakan permintaan domestik semakin berperan sebagai pendorong pertumbuhan.

Direktur ADB untuk Indonesia, Jiro Tominaga, dalam media briefing akhir tahun ADB di Jakarta, Kamis (14/12), menyebutkan tingkat pertumbuhan ekonomi RI 5 persen, cukup tinggi di tengah banyaknya tantangan yang terjadi di global.

Jiro menyampaikan permintaan domestik telah mengambil alih dari peran ekspor komoditas sebagai pendorong pertumbuhan. Ketika lonjakan ekspor mulai berkurang, kontribusi permintaan domestik terhadap pertumbuhan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

Dengan normalisasi penuh dari mobilitas dan daya beli yang lebih tinggi maka ke depan inflasi yang lebih rendah akan memicu kembalinya belanja.

Dia juga menilai Indonesia dengan cepat pulih dari pandemi. Pertumbuhan rata-rata Indonesia tercatat sebesar 5,3 persen selama 2011-2019, sebelum turun sebesar 2,1 persen pada 2020 karena Covid-19.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top