Iklan — Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Ads

Konsumsi Vitamin D Saat Hamil Melahirkan Anak dengan Tulang Kuat

📅 Selasa, 19 Nov 2024, 22:10 WIB | Oleh: Tim Penulis
Konsumsi Vitamin D Saat Hamil Melahirkan Anak dengan Tulang Kuat Doc: ANTARA/Sizuka

JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru yang dipimpin oleh Dr Rebecca Moondl dari Universitas Southampton menyatakan mengkonsumsi suplemen vitamin D saat hamil, memiliki anak dengan kepadatan tulang yang lebih baik, dibandingkan ibu yang tidak mengkonsumsinya.

Ditulis laman Hindustan Times, Senin (18/11), penelitian ini dilakukan terhadap 1.000 perempuan hamil dari beberapa wilayah di Inggris Raya. Mereka secara acak dibagi menjadi dua kelompok – satu kelompok diminta mengkonsumsi tambahan 1.000 Unit Internasional vitamin D per hari, dan kelompok lainnya diminta mengonsumsi tablet plasebo setiap hari.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak menunjukkan kekuatan tulang yang lebih baik pada usia empat tahun ketika mereka lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen vitamin D.

Penelitian terbaru ini melacak kesehatan tulang dari 454 anak berusia antara enam dan tujuh tahun untuk mengetahui apakah kekuatan tulang mereka bertahan hingga masa kanak-kanak.

Moon, penulis utama studi, dalam rilis media, mengatakan bahwa vitamin D membantu memperkuat tulang anak dan mengurangi risiko kondisi seperti osteoporosis dan patah tulang di kemudian hari.

Suplemen vitamin D juga menunjukkan peran penting dalam mengubah aktivitas gen. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2022, diamati bahwa suplemen vitamin D, yang dikonsumsi selama kehamilan, dapat menurunkan risiko bayi terkena eksim atopik hingga satu tahun.

Saat mengonsumsi suplemen vitamin D, wanita juga lebih cenderung memilih persalinan normal. Kalsium dan fosfat dalam tubuh membantu membangun tulang, gigi, dan otot yang kuat, dan vitamin D membantu mengatur hormon-hormon ini, sehingga berkontribusi pada kekuatan dan kepadatan tulang. Ant/I-1

Like, Share, Comment:

Komentar (0)

Belum ada komentar.

Kirim

Silakan login via Google untuk dapat memberi komentar!

Google Login dengan Google
  • Microchip Perbarui Ethernet Sensor Bridge untuk Perkuat Konektivitas Edge AI
    Preview komentar:
    Penyusutan dimensi perangkat hingga 60 persen yang dipadukan ...
  • Kartu Transportasi Bersubsidi Bocor, DPRD DKI Minta Data Diperketat
    Preview komentar:
    Membaca sorotan DPRD DKI mengenai kebocoran kartu transportasi ...
  • XLSMART Berhasil Raih Kinerja Solid Semester I 2026.
    Preview komentar:
    Keberhasilan XLSMART dalam memperluas cakupan 5G hingga 52 ...
Daerah
Ada Apa Tiba-tiba Kantor Di...
Persija dan Dewa United Jadi Lawan Brisbane Roar saat Tur Pramusim di Indonesia

Persija dan Dewa United Jadi Lawan Brisbane Roar saat Tur Pramusim di Indonesia

12 Aug 2026
Pilihan Pembaca
Indeks Berita Populer +
Advertisement
logo kj
Kami mendeteksi AdBlocker di browser anda


Website kami bergantung pada iklan untuk terus dapat menghadirkan jurnalisme berkualitas. Dukung kami dengan mengijinkan iklan tampil di browser anda.

Silakan non-aktifkan AdBlocker dengan cara:
- Klik ikon AdBlock pada area ekstensi browser (di bagian pojok kanan atas).
- Lalu klik pilihan untuk menonaktifkan atau pilihan "Don't run on this website / on this page".

Setelah itu Refresh / Muat Ulang halaman ini.