Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

2019, Target Ekspor Ikan Naik 10%

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan ekspor perikanan 2019 meningkat 10 persen dari tahun ini sebesar 5 milliar dollar AS. Untuk itu, pemerintah menyiapkan sejumlah langkah strategis.

"Itu untuk mengamankan daya saing sejumlah komoditas strategis seperti udang, tuna dan rumput laut,"ungkap Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Effendi Hardijanto dalam acara puncak Hari Ikan Nasional (Harkanas) di Jakarta akhir pekan lalu.

Rifky menjelaskan khusus untuk udang yang saat ini menyumbang sekitar 2 miliar dollar AS atau 40 persen dari ekspor, akan ditingkatkan produktivitasnya. Saat ini produksi udang sekitar 400.000 ton yang mayoritas (80 persen) dihasilkan dari budidaya. Dari jumlah itu, 180.000 tonnya di ekspor.

RI merupakan produsen udang keenam terbesar dunia. Ke depannya diharapkan bisa nomor 3 dunia. Untuk itu KKP terus memperkuat di sektor hulunya bekerjasama dengan Dirjen Budidaya agar nilai ekspor udang dalam 2-3 tahuh ke depan bisa nambah 1 miliar dollar AS. ers/E-10


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top