Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pengentasan Kemiskinan | Bansos Sebaiknya untuk Modal Usaha

2019, Pencairan Bansos Dipercepat

Foto : ISTIMEWA

Mensos RI, Agus Gumiwang.

A   A   A   Pengaturan Font

Agar keluarga penerima manfaat memperoleh manfaat lebih cepat, mulai 2019 penyaluran bansos dimajukan.

JAKARTA - Penyaluran bantuan sosial (bansos) pada 2019 akan dipercepat. Jika pada 2018, bansos diberikan Februari, Mei, Agustus, dan November, untuk tahun depan penyalurannya bakal dilakukan pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

"Waktu penyaluran yang dimajukan itu agar para KPM (keluarga penerima manfaat) bisa memperoleh manfaat secara lebih cepat," kata Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, usai acara pembukaan Jambore SDM PKH, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12).

Mensos mengatakan berkat bansos, kemiskinan di Indonesia selama kurun empat tahun terakhir mengalami penurunan cukup signifikan. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program yang berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan tersebut. "Indonesia telah berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 1 digit pada Maret 2018 (9,82 persen). Ini merupakan pertama kali dan terendah dalam sejarah," ujar Agus.

Mensos optimistis, angka kemiskinan pada 2019 bakal semakin turun di posisi 9,5 hingga 9 persen. Syaratnya, program-program bansos dijalankan dengan komitmen dan disiplin tinggi.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Muhamad Umar Fadloli

Komentar

Komentar
()

Top