Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Prospek Perekonomian

2019, Ekonomi DIY Diprediksi Tumbuh 6,1 Persen

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Keberadaan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, diperkirakan belum banyak berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY terus berupaya mengoptimalkan potensi perekonomian di Kulon Progo.

Pemprov DIY memproyeksikan pertumbuhan ekonomi daerahnya pada 2019 sebesar 6,1 persen, lebih rendah dari asumsi sebelumnya sebesar 6,2 persen. "Investasi di Bandara YIA pada 2019 tidak sebesar ketika di awal pembangunan, padahal sumbangan konstruksi bandara pada pertumbuhan DIY cukup tinggi," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Budi Wibowo, Rabu (14/6).

Budi berharap masyarakat Kulon Progo bisa memanfaatkan keberadaan bandara untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi mereka. Tanpa kreativitas, bandara YIA hanya akan meningkatan kunjungan ke Yogya dan Borobudur sedangkan masyarakat Kulon Progo sendiri kurang mendapat manfaatnya.

Pemerintah pusat dan Pemda DIY saat ini tengah menyiapkan program untuk mengejar pertumbuhan ekonomi di sekitar bandara YIA yang kebetulan Kulon Progo adalah penyumbang kemiskinan terbesar di DIY. Tingkat ketimpangan DIY juga disumbang oleh Kulon Progo.

"Kita berencana membuat airport city serta aerotropolis di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Layanan Perkeretaapian bandara YIA serta pengembangan sistem penyediaan air minum regional juga menjadi skala prioritas pemerintah," jelas Budi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top