Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pendidikan Tinggi

2019, Ditargetkan 5 Perguruan Tinggi NU Berdiri

Foto : ANTARA /Harviyan Perdana Putra

Serahkan SK - Menristekdikti Mohamad Nasir (kiri) berbincang dengan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi (kanan) saat penyerahan SK Perguruan Tinggi Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (31/12).

A   A   A   Pengaturan Font

PEKALONGAN - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menargetkan sebanyak 4 hingga 5 Institut Teknologi Sains (ITS) Nahdhatul Ulama pada 2019 sudah berdiri di Indonesia.

"Sudah disiapkan pembangunan ITS di provinsi lain, seperti di Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). (Saat Ini) ITS NU di Indonesia hanya ada dua, yaitu di Pasuruan Jatim, dan Kabupaten Pekalongan," kata Nasir, usai menyerahkan Surat Keputusan Pendirian ITS NU di Kabupaten Pekalongan, Senin (31/18).

Menurut dia, pemerintah akan terus mendorong pendirian ITS NU karena bertujuan bagaimana mendongkrak sumber daya manusia (SDM) setempat yang berkualitas. "Tujuan saya adalah ingin mengembangkan bidang sains (pengetahuan) dan teknologi bagi warga NU ini dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan Kemristekdikti siap memberikan dukungan bagi warga NU yang akan mendirikan ITS, seperti pemberian izin, bantuan hibah perguruan tinggi swasta, dan beasiswa. "Dukungan izin (pendirian ITS) sudah kami berikan, demikian pula jika proses pembelajaran sudah berjalan maka akan diberikan pula beasiswa, dan pemberian bantuan hibah," katanya.

Ia mengatakan prospek pendirian ITS NU relatif sangat tinggi karena pemerintah akan terus mendorong (perguruan tinggi) membuka program sains dan teknologi yang paling utama.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top