Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

14 Juta Ton Biji-bijian Ukraina Diekspor Lewat Perjanjian Laut Hitam

Foto : VOA/Reuters

Seorang staf Program Pangan Dunia melihat ketika MV Brave Commander membawa biji-bijian gandum dari Pelabuhan Yuzhny di Ukraina ke dermaga Tanduk Afrika yang dilanda kekeringan di Pelabuhan Djibouti di Djibouti, 30 Agustus 2022.

A   A   A   Pengaturan Font

ANKARA - Lebih dari 14 juta ton biji-bijian telah diangkut oleh 556 kapal di bawah perjanjian koridor Laut Hitam yang disepakati oleh Ukraina dan Rusia melalui mediasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki guna mencegah potensi krisis pangan global.

"Pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Ukraina terus berlanjut. Hingga hari ini, 556 kapal bermuatan biji-bijian meninggalkan pelabuhan Ukraina, dan 560 kapal pergi ke pelabuhan Ukraina untuk pengiriman," jelas Kementerian Pertahanan Nasional Turki dalam pernyataan pada Sabtu (17/12).

Kesepakatan yang ditandatangani oleh keempat pihak tersebut di Istanbul pada Juli lalu, bertujuan untuk melanjutkan kembali ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina yang terletak di Laut Hitam yang sempat terhenti sementara akibat perang Rusia-Ukraina sejak Februari.

Pusat Koordinasi Gabungan bersama pejabat dari Rusia, Ukraina, Turki, dan PBB dibentukIstanbul untuk mengawasi pengiriman.

Kapal pertama yang membawa biji-bijian berangkat pada 1 Agustus 2022 dari Pelabuhan Odesa, Ukraina di bawah kesepakatan bersejarah itu.

Turki, dipujiinternasional atas perannya sebagai penengah antara Ukraina dan Rusia, telah berulang kali meminta Kiev dan Moskow untuk mengakhiri perang melalui negosiasi.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top