Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 31 2020
iklan koran jakarta

Harga Pangan Harus Untungkan Petani

Sabtu 31/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Nilai tukar petani saat ini berkisar 99–102 atau masih jauh dari ideal di level 120. » Jika makin banyak anak muda jadi petani, Indonesia bisa bebas dari...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Generasi Muda Harus Gemakan Semangat Sumpah Pemuda

Sabtu 31/10/2020 | 13:50
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Generasi muda Indonesia diminta terus menggemakan semangat Sumpah Pemuda karena ikrar satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa terbukti ampuh dalam mempersatukan keragaman dan mengantar Indonesia menjadi negara merdeka.

“Generasi milenial sekarang ini dituntut untuk terus menghayati Sumpah Pemuda dan tetap kritis dalam mengawal perjalanan bangsa dan negara,” kata pengamat komunikasi politik Hendri Satrio, di Jakarta, Jumat (30/10).

Apalagi, kata Hendri, akhir-akhir ini tantangan berbangsa dan bernegara Indonesia sangat berat seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, serta ancaman radikalisme dan terorisme.

Hendri mengatakan generasi muda harus tetap di garis pemuda dalam menyikapi berbagai dinamika bangsa akhir-akhir ini. Pemuda harus ikut menjaga perubahan dan menjaga Indonesia agar tetap dalam trek yang benar dalam pembangunan dan menghadapi berbagai ancaman bangsa.

“Macam-macam yang bisa dilakukan generasi muda seperti menyuarakan suara rakyat, menyuarakan keadilan, kesetaraan, melawan ancaman perpecahan dan lain-lain,” kata pendiri lembaga survei KedaiKopi itu.

Menurut Hendri, sikap kritis para pemuda seperti dengan melakukan demonstrasi adalah salah satu hal positif untuk menyampaikan aspirasi rakyat, tetapi yang perlu ditingkatkan saat ini yaitu membuka wadah seluas-luasnya bagi anak muda untuk lebih berprestasi mengembangkan kreativitasnya. “Ini juga sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda,” kata Hendri.

Hendri mengatakan generasi muda juga harus terlibat aktif dalam menangkal berbagai ancaman, seperti intole­ransi, radikalisme, dan terorisme, karena persoalan itu mengancam masa depan bangsa dan negara.  n Ant/N-3

Tampilkan Semua

Prajurit Paskhas Dapat Penghargaan

Sabtu 31/10/2020 | 13:11
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gagalkan penyelundupan sabu-sabu, prajurit Paskhas mendapat penghargaan. Prajurit pasukan elit TNI AU yang mendapat penghargaan itu adalah Serma M Muji. Serma Muji menggagalkan pengiriman sabu-sabu dan ekstasi yang akan dikirim...
Selengkapnya

Upaya Menjaga Netralitas ASN di Pilkada

Sabtu 31/10/2020 | 13:07
A   A   A   Pengaturan Font
Netralitas aparatur sipil negara (ASN) bisa diibaratkan sebagai gejala penyakit yang selalu kambuh setiap ada pesta demokrasi. Di tengah tahapan Pilkada 2020, yang sudah memasuki kampanye, ASN di daerah benar-benar diuji independensinya...
Selengkapnya

KPK Kembangkan Kasus Nurhadi ke TPPU

Sabtu 31/10/2020 | 13:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango memastikan lembaganya bakal mengembangkan perkara mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi ke arah dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Iya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Upaya Pencarian dan Penyelamatan Masih Berlangsung Setelah Gempa Turki

Sabtu 31/10/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font

 

ANKARA - Upaya pencarian dan penyelamatan masih dilakukan setelah gempa berkekuatan 6,6 Skala Ritchter yang mengguncang wilayah Izmir di Laut Aegea Turki pada Jumat (30/10), dan menewaskan sedikitnya 24 orang serta melukai 800 orang, kata Otoritas Badan Manajemen Bencana (AFAD).

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan 435 orang menjalani perawatan, sementara 25 orang dalam perawatan intensif dan sembilan orang sedang menjalani operasi.

Dia juga mengatakan 364 orang dipulangkan dari rumah sakit, setelah menyelesaikan perawatan dan bahwa tim medis dan penyelamat terus bekerja di Izmir untuk mengurangi rasa sakit.

“Sedikitnya 389 gempa susulan, dengan 33 lebih kuat dari magnitudo 4 tercatat,” menurut AFAD.

Operasi pencarian dan penyelamatan telah diselesaikan di delapan gedung di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki berdasarkan populasi, sementara pekerjaan berlanjut di sembilan gedung lainnya, ujar Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Murat Kurum, yang mengatakan pekerjaan penilaian kerusakan telah dimulai di gedung-gedung publik.

AFAD mengatakan gempa terjadi pada pukul 2.51 malam waktu setempat (11.51 GMT) pada kedalaman 16,54 kilometer (10 mil).

Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan gempa tersebut memicu tsunami sebagian di distrik pesisir Seferihisar, yang menyebabkan sedikitnya satu orang terluka.

Lebih dari 475 kendaraan dan hampir 4.000 petugas penyelamat, bersama dengan 20 anjing pelacak, dikirim ke tempat kejadian. Komando Penjaga Pantai juga berpartisipasi dengan 116 personel, 11 perahu, tiga helikopter dan satu tim selam.

Bulan Sabit Merah Turki mengirim 112 staf, 137 relawan, 27 kendaraan, dan lima dapur lapangan bergerak dengan kapasitas untuk melayani lebih dari 25.000 orang.

Kerem Kinik, kepala Bulan Sabit Merah Turki, mengatakan kapasitas untuk memberi makan 56.300 orang telah dibangun di Izmir. AFAD mencatat sebanyak 960 tenda bencana, 4.500 selimut, 3.672 tempat tidur dikirim ke wilayah tersebut.

Hampir 114.500 masker dan 5.000 disinfektan telah dikirim ke wilayah tersebut untuk didistribusikan oleh tim kesehatan masyarakat dan dukungan psikososial Bulan Sabit Merah Turki.

Sebanyak 836 kendaraan dan 6.049 personel telah ditugaskan untuk pencarian dan penyelamatan, medis, dukungan psikososial dan bantuan kemanusiaan di wilayah tersebut, menurut Direktorat Komunikasi Turki.

Lima juta lira Turki telah dikirim ke wilayah tersebut oleh Kementerian Keluarga, Tenaga Kerja dan Sosial, dan 3 juta lira disediakan oleh AFAD.

Badan itu mengatakan gempa bumi lain, berkekuatan 5,1, melanda Laut Aegea, 20 kilometer dari distrik Kusadasi di Provinsi Aydin. Ant/Anadolu/I-1

Tampilkan Semua

Filipina Perintahkan Evakuasi, Antisipasi Badai Terkuat di Dunia 2020

Sabtu 31/10/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
  MANILA - Pemerintah Filipina memerintahkan agar dilakukan evakuasi terhadap ribuan penduduk wilayah selatan pulau Luzon, sebagai antisipasi menjelang datangnya Topan Goni, satu dari lima badai terkuat di dunia pada tahun ini, ke...
Selengkapnya

AS Laporkan Lebih dari 100.000 Kasus Covid-19 dalam Satu Hari

Sabtu 31/10/2020 | 17:35
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC - Amerika Serikat mencatat angka tertinggi baru untuk jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi dalam satu periode 24 jam pada Jumat, dengan melaporkan lebih dari 100.000 infeksi baru yang melampaui rekor total 91.000...
Selengkapnya

Korban Tewas Gempa Turki dan Kepulauan Yunani Jadi 19 Orang

Sabtu 31/10/2020 | 17:19
A   A   A   Pengaturan Font
IZMIR - Sebanyak 19 orang tewas di Turki dan Yunani setelah gempa yang kuat melanda Laut Aegean pada Jumat, mengakibatkan sejumlah bangunan runtuh dan mendatangkan gelombang pasang yang menghantam kawasan pantai dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Sisa Massa Demonstran di Patung Kuda Minta Air dan Rokok ke Petugas Keamanan

Selasa 20/10/2020 | 19:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sejumlah orang yang tidak teridentifikasi kelompoknya dan masih berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, meminta air dan rokok kepada petugas keamanan dari TNI dan polisi.

Permintaan itu disampaikan saat diminta untuk membubarkan diri.

"Haus pak haus," kata mereka yang terlihat berperawakan remaja dan rata-rata menggunakan pakaian serba hitam di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Selasa (20/10).

Petugas dari TNI pun akhirnya meminta petugas keamanan lainnya memberikan air yang diminta oleh para massa itu.

"Mau minum? Aparat tolong beri mereka air dari pinggir. Tapi jangan anarkis," ujar petugas dari TNI yang memimpin anggotanya dari mobil komando seperti dikutip Antara.

Tak lama dari itu massa yang berpakaian hitam-hitam itu meminta awak media yang menggunakan rompi oranye agar mundur dari lokasi berkumpulnya massa.

Petugas dari TNI pun meminta kepada petugas media untuk mundur sehingga dengan cepat awak media pun mundur dari lokasi itu.

Namun permintaan yang terakhir dari massa tak dipenuhi oleh petugas keamanan. Mereka itu meminta rokok kepada para petugas.

"Kami tidak ada yang merokok. Jadi tidak ada rokok. Sudah harap pulang kawan-kawan," ujar petugas TNI.

Massa dari buruh dan mahasiswa telah bubar sejak pukul 16.10 WIB dan 16.30 WIB.bud/E-9





Tampilkan Semua

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong E-Voting di Pilpres dan Pilkada

Senin 19/10/2020 | 16:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah bisa segera bertransformasi dari cara konvensional melalui pencoblosan surat suara menjadi menggunakan electronik voting...
Selengkapnya

PWI Menyambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

PWI Sambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Sejarah ORI

Sabtu 31/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Jalin Kemitraan

Sabtu 31/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

BI Dorong Inisiatif Wakaf Lintas Negara Islam

Sabtu 31/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mendorong inisiatif wakaf lintas negara Islam karena sebanyak 59 persen neg­ara Islam berpendapatan rendah dan menengah ke bawah berdasarkan data Bank Dunia pada Juni 2020. “Mencermati...
Selengkapnya

AP I Kembangkan Sejumlah Bandara

Sabtu 31/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) I mengembangkan sejumlah bandara yang dikelolanya. Pengembangan itu di­maksudkan untuk memperluas konektivitas dan menin­gkatkan kapasitas trafik angkutan udara di wilayah ten­gah dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pontianak Bangun Taman Burung

Jumat 30/10/2020 | 14:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat berencana membangun taman burung di kompleks Kolam Renang Ampera di Jalan Ujung Pandang 2, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono,  di Pontianak, Jumat, mengatakan bahwa taman burung itu nantinya bisa menjadi tempat rekreasi alternatif bagi keluarga.

"Harapannya warga Kota Pontianak selain berenang di kolam tersebut, mereka juga bisa refreshing menikmati ruang terbuka hijau beserta taman burung di sana," kata Edi.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah akan mengalokasikan dana untuk membangun taman burung dalam anggaran pemerintah tahun 2021. Dana yang dibutuhkan untuk membangun taman burung, ia melanjutkan, menurut perkiraan sekitar Rp1,5 miliar.

Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memperbaiki tatanan kota, termasuk memperbanyak ruang terbuka hijau dan ruang publik, agar Pontianak semakin nyaman ditinggali warga. Ant/G-1

Tampilkan Semua

Dishub Sulsel Fokus Memantau Pergerakan Masyarakat Saat Libur Panjang

Kamis 29/10/2020 | 21:51
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Dinas Perhubungan se-Sulawesi Selatan fokus memantau pergerakan masyarakat di bandara, pelabuhan dan terminal pada masa libur panjang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Sulsel.Kepala Dinas Perhubungan Muhammad...
Selengkapnya

BSM Tambah 7 Unit ATM di Aceh

Kamis 29/10/2020 | 21:41
A   A   A   Pengaturan Font
ACEH BESAR- Bank Syariah Mandiri (BSM) Area Banda Aceh menyatakan akan menambah tujuh unit layanan ATM Setor Tarik BSM yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi di provinsi setempat.“Alhamdulillah saat ini sudah ada satu unit yang...
Selengkapnya

Penumpang di Sulsel Naik 20 Persen Selama Libur Panjang

Kamis 29/10/2020 | 21:39
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan memprediksi jumlah penumpang di bandara, pelabuhan ataupun terminal akan naik sebesar 20 persen selama masa libur panjang.Kadis Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah di Makassar, Kamis (29/10)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Daihatsu Klaim Ayla Sukses Curi Perhatian Milenial

Sabtu 31/10/2020 | 07:07
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa penjualan kendaraan Astra Daihatsu Ayla, city car yang diluncurkan pada kuartal pertama di tahun 2020 telah sukses mencuri perhatian para kaum milenial berkat fitur-fitur unggulan.

Hadir dengan tagline "Serius Serunya" Astra Daihatsu Ayla hadir dengan perubahan pada bagian eksterior dan interiornya. Pada bagian eksterior, grille dan bumper yang lebih sporty dan juga desain alloy wheel yang baru membuat tampilan Ayla menjadi semakin dinamis.

Selain itu, pada bagian interior mobil ini hadir dengan menggunakan dominasi warna hitam dan motif jok baru. Tampilan Ayla ini juga didukung dengan penambahan varian warna baru, yaitu Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic.

"Daihatsu selalu berusaha menyediakan produk yang sesuai untuk masyarakat Indonesia, seperti Astra Daihatsu Ayla dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan, peace of mind, dan unggul di kelasnya," ungkap Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi dalam keterangan resminya, Jumat (30/10) seperti dikutip dari Antara.

Selain sorotan dari bagian luar dan dalam, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan spion retractable, yang memudahkan pengemudi untuk mengatur spion saat melewati jalan sempit, serta back sonar dengan parking camera untuk memudahkan saat parkir.

Untuk memodernisasi kendaraan tersebut, PT ADM menghadirkan AC digital yang membuat pengaturan suhu kabin menjadi lebih mudah. Detail-detail seperti kompartemen untuk menaruh barang dan cup holder juga tersedia guna memaksimalkan ruang pada kabin.

Selain fitur-fitur yang bikin nyaman, Ayla dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), dual SRS air bag untuk pengemudi dan penumpang depan, serta immobilizer, sehingga berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Pada bagian bawah kap mesin, PT ADM menghadirkan dua pilihan mesin, yakni 1.0 L dan 1.2 L yang pastinya sangat irit untuk penggunaan sehari-hari.bud/E-9



Tampilkan Semua

Kadar Vitamin D yang Lebih Tinggi saat Bayi Bantu Lawan Obesitas pada Masa Remaja

Sabtu 31/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
CHICAGO,-- Kadar vitamin D yang rendah selama tahun pertama kehidupan memiliki kaitan yang berbanding terbalik dengan sindrom metabolik pada masa remaja, yang berhubungan erat dengan obesitas, demikian menurut sebuah penelitian yang...
Selengkapnya

Tesla Berencana Tambah 52 Layanan Baru pada 2021

Sabtu 31/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, berencana untuk menambahkan 52 pusat layanan baru mereka pada 2021.Produsen mobil listrik itu telah memperluas jaringan pusat layanan dan Supercharger untuk...
Selengkapnya

Kendaraan Sel Berbahan Bakar Sel Semakin Populer di Korsel

Jumat 30/10/2020 | 13:58
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Hyundai Motor Company (HMC) menyatakan pada Jumat (30/10) bahwa sepuluh ribu unit mobil Hyundai Nexo telah terjual di dalam negeri Korea Selatan (Korsel). Hyundai Nexo adalah kendaraan SUV (sport utility vehicle) berbahan bakar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Infinix Hot 10 Resmi Di Luncurkan Di Indonesia

Selasa 20/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penjualan yang sukses pada seri-seri produk smartphone sebelumnya, kini membawa Infinix menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari. Terbukti dari pencapaiannya sebagai TOP 1 Brand Smartphone Terlaris pada 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia.
 
Melalui peluncuran online secara livestreaming pada hari Senin (19/10) kemarin di social media INFINIX dan Aplikasi Lazada, INFINIX HOT 10 akhirnya resmi di perkenalkan di Indonesia sebagai salah satu produk terbaru dari INFINIX Indonesia. 
 
“Dengan spirit baru dari INFINIX Indonesia yaitu Take The Lead, maka yang kami harapkan para anak muda di Indonesia bisa menjadi pemimpin dalam setiap pertandingan yang mereka jalani, baik itu di kantor, di sekolah, di rumah atau dimanapun mereka berada. Ini adalah saatnya untuk para anak muda di Indonesia agar bergerak maju dan menjadi leader, dimana dengan support dan inovasi dari INFINIX, pengguna bisa tetap produktif dengan spesifikasi ter up to date namun dengan harga yang terjangkau. Hal itu juga yang akhirnya membawa Infinix dengan bangga memperkenalkan INFINIX HOT 10 secara resmi di Indonesia. Seri HOT yang diyakini menjadi seri yang paling laris dan ditunggu banyak penggunanya ini memiliki spesifikasi yang #ANTIKALAH karena memiliki performa berbeda dari seri HOT sebelumnya. Jelas Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Smartphone Indonesia.
 
Infinix HOT 10 memiliki chipset khusus untuk gaming yakni Helio G70. Chipset ini menjadi yang pertama disematkan pada seri HOT dari Infinix. Tidak hanya itu, spesifikasi lainnya untuk mendukung pengalaman gaming yang makin seru juga sudah lah sangat lengkap pada Infinix HOT 10 seperti  layar dengan luas 6.78 Inch Punch Hole Display, dimana layar ini sendiri memiliki peningkatan dibandingkan dengan seri HOT sebelumnya. Dan juga baterai dengan kapasitas 5200 mAh dan dibekali dengan Power Marathon Technology, dimana daya akan terasa lebih lambat untuk habis saat penggunaan.
 
Tak kalah penting, Infinix HOT 10 juga ingin memberikan pengalaman lebih nyata lewat DTS Sound untuk petarungan game yang semakin seru. Dimana suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan lebih menggelegar di setiap detil efek maupun musiknya.
 
“Dibekali dengan chipset khusus gaming, Infinix HOT 10 mengajak pengguna untuk lebih semangat menjadi #AntiKalah dalam kehidupan gadget mereka sehari-hari. Apalagi di masa pandemi ini, banyak yang harus melakukan kegiatannya melalui online. Seperti sekolah ataupun pekerjaan, dimana pengguna dituntut untuk terus produktif dan aktif. Performa pada Infinix HOT 10 ini bisa mendukung mereka, ditambah dengan spesifikasi lainnya seperti pada layar dan baterai sehingga kesibukan terasa lebih menyenangkan. Kegiatan dan hiburan bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman.” jelas Bruno Li, CEO Infinix Indonesia.
 
Selain 3 keunggulan untuk kegiatan gaming tersebut, Infinix HOT 10 juga sudah dibekali dengan resolusi kamera hingga 16MP Quad AI Camera, dimana pengguna mampu menghasilkan foto lebih detil dan tangkapan yang lebih cepat meski dalam keadaan minim cahaya. Dan juga kamera depan yang sudah didukung dengan 8MP wide angle, dimana pengguna dapat memotret pemandangan lebih luas.
 
Infinix HOT 10 akan dijual dengan dua varian storage yang berbeda. Untuk varian 4/64GB akan di jual perdana dari harga normal Rp.1.749.000 menjadi Rp.1.599.000. Sedangkan untuk varian 4/128GB akan dijual dari harga normal Rp.1.949.000 menjad Rp.1.799.000. Yang tentunya akan dijual pertama kali pada tanggal 23 Oktober 2020 mendatang secara eksklusif di platform e-commerce Lazada Indonesia. mza
Tampilkan Semua

Infinix HOT 10 Pecahkan Guiness World Record

Sabtu 17/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah sukses menjadi TOP 1 smartphone brand pada tanggal 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia dan Top 15 Global Chinese Brand to Watch, kini Infinix kembali menunjukkan eksistensinya dengan memecahkan...
Selengkapnya

WIKO Luncurkan 3 Smartphone Andalannya

Kamis 15/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Merek smartphone asal Prancis, WIKO, kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia dengan meluncurkan 3 smartphone andalannya, yaitu WIKO View 4, WIKO View 4 Lite, dan WIKO Y61.   Agus Supangat, Head of Commercial PT....
Selengkapnya

Apple Resmi Luncurkan Jajaran iPhone 5G

Rabu 14/10/2020 | 13:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone yang dibekali teknologi internet generasi kelima atau 5G dalam acara virtual yang mengambil tempat di Apple Campus, di Cupertino, California, Amerika Serikat. "Hari ini adalah awal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Menpora Minta Olahraga Rekreasi Diperkuat

Sabtu 31/10/2020 | 13:21
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan memerintahkan lembaganya untuk memperkuat olahraga rekreasi. Pada 2021 mendatang, dia ingin olahraga turut menopang pariwisata Indonesia.

Tentang persiapan tahun depan, Menpora memberikan arahan bahwa perencanaan ihwal olahraga rekreasi harus sudah selesai dan disepakati. “Saya apresiasi terhadap kegiatan ini karena akan merumuskan dan merekomendasikan perencanaan khususnya di Asdep Olahraga Rekreasi pada Deputi Pembudayaan Olahraga,” kata Menpora dalam keterangan pers, Jumat (30/10).

Menurut Zainudin, olahraga rekreasi adalah implementasi dari tema Haornas ke-37 Tahun 2020 yaitu ‘Sports Tourism’. Menurutnya, wisata olahraga sudah saatnya dipacu dan dikembangkan karena multi­efek yang luar biasa dari potensi alam dan sisi ekonomi kreatif.

“Olahraga rekreasi harus dipersiapkan untuk mendukung sports tourism karena hal itu sudah menjadi tema pada Haornas dan sudah ditindaklanjuti MoU dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelas Zainudin.

Kemenpora juga membahas dan mempersiapkan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang mengatur lebih lanjut mengenai pembagian kewenangan kepada pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah/kota sehingga, akan mudah koordinasi dalam menjalankan setiap program.

“NSPK sangat penting, Kemendagri menunggu, provinsi dan kabupaten/kota juga menunggu. Jangan salahkan mereka kalau tidak bergerak jika tidak ada NSPK karena itu sebagai acuan,” ujar Zainudin.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melaporkan bahwa kegiatan rakor diikutidari KORMI, induk organisasi olahraga rekreasi masyarakat. ben/S-2

Tampilkan Semua

Antwerp Kejutkan Spurs

Sabtu 31/10/2020 | 13:18
A   A   A   Pengaturan Font
ANTWERP – Pemimpin klasemen liga Belgia, Antwerp, meraih kemenangan mengejutkan 1-0 atas Tottenham Hotspur. Sementara pada laga Liga Europa lainnya yang berlangsung, Jumat (30/10) dini hari WIB, AC Milan memperpanjang catatan tak...
Selengkapnya

Lewandowski di Jalur Pecahkan Rekor Mueller

Sabtu 31/10/2020 | 13:13
A   A   A   Pengaturan Font
BERLIN - Thomas Mueller mendukung rekan setimnya di Bayern Munich Robert Lewandowski untuk memecahkan rekor fenomenal Gerd Mueller dengan 40 gol dalam satu musim Bundesliga. Lewandowski telah mencetak 10 gol dalam lima pertandingan liga...
Selengkapnya

Juventus Butuh Kehadiran Ronaldo

Sabtu 31/10/2020 | 13:06
A   A   A   Pengaturan Font
MILAN – Juventus membutuhkan kehadir­an bintangnya, Cristiano Ronaldo saat menjamu klub promosi Spezia di Turin, Minggu (1/11). Paska kekalahan 0-2 dari Barcelona di Liga Champions, Juventus membutuhkan penampilan Ronaldo untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Logika Bengkok Aksi di Katedral Nice

Sabtu 31/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Apa pun yang dibela pelaku, jelas langkah yang dilakukan orang bernama Brahim tersebut bukan han-ya keliru, menyimpang, atau tidak bisa dipahami, tetapi sebagai cara berpikir yang menggunakan logika bengkok.

Belum genap sebulan, tindakan brutal dan kejam ­yang menimpa seorang guru, Samuel Paty, di dekat Paris, Prancis, kejahatan tersebut terulang. Bahkan, kebiadaban kali ini lebih menyedihkan karena dilakukan terhadap tiga orang yang tengah berdoa di dalam gereja.

Lepas dari latar belakang dan apa pun motifnya, tindakan memenggal adalah tindakan tidak waras, gila, dan irasional. Lebih menyedihkan karena kebrutalan tersebut dilakukan di dalam tempat suci. Juga, apalagi, pembunuhan dilakukan pada orang-orang yang tengah berdoa.

Apa pun yang dibela pelaku, jelas langkah yang dilakukan orang bernama Brahim tersebut bukan hanya keliru, menyimpang, atau tidak bisa dipahami, tetapi sebagai cara berpikir ­yang menggunakan logika bengkok. Logika bengkok karena tindakan orang lain yang dianggap keliru dibalas dengan kejahatan. Bahkan itu ditimpakan kepada orang-orang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan - katakan tindakan ­guru Samuel Paty.

Seluruh kemanusiaan mengecam tindakan terorisme sekejam itu. Mengapa ada orang sekeji tersebut? Itu terjadi karena yaitu tadi, pelaku menggunakan logika bengkok. Tidak ada agama yang mengajarkan pembunuhan. Tindakan Brahim tersebut adalah penyimpangan hidup.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan negaranya diserang ekstremisme. Pelaku menggunakan pisau dalam mengeksekusi memenggal kepala seorang wanita dan membunuh dua orang lainnya di Katedral Nice, Kamis (29/10).

Ini boleh dikata kecolongan kedua kali bagi Prancis dalam sebulan. Untuk itu, pantas bila Macron mengerahkan 4.000–7.000 militer dan membuat Prancis dalam kondisi level keamanan tertinggi. Pemerintah Prancis juga telah menetapkan status darurat ke level tertinggi.

Terkait tersangka sendiri, polisi mengidentifikasinya bernama Brahim Aouissaoui (21), seorang migran Tunisia yang belum lama masuk Prancis dari Italia. Serangan tersebut diduga lanjutan kebengisan terhadap guru Samuel Paty. Dia menjadi sasaran karena diduga memperlihatkan kartun Nabi Muhammad kepada siswanya di dalam kelas.

Prancis cukup sering diteror beberapa tahun belakangan, di antaranya pengeboman dan penembakan di Paris, lima tahun lalu. Saat itu, korban tewas mencapai 130 orang. Bahkan di Nice, tahun 2016, juga terjadi serangan teroris. Ini benar-benar kekejaman kejatahan antikemanusiaan. Betapa tidak, penjahat menerjang kerumunan menggunakan truk saat warga merayakan Hari Bastille. Tidak kurang dari 86 orang tewas dalam serangan truk tersebut.

Dunia mengecam serangan teroris ini. Kecaman datang dari Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, dan Arab Saudi. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, meyakinkan bahwa Australia bersama Prancis. “Tindakan barbarisme tersebut paling kejam dan dilakukan seorang pengecut. Terorisme ini harus dikutuk secara sekuat mungkin,” kata Morrisons.

Masyarakat global bersatu melawan terorisme yang merupakan tindakan pengecut. Brahim adalah pria paing pengecut, memalukan, dan banci. Dia menyerang seorang wanita tua. Menyerang wanita tua yang lemah adalah tindakan amat memalukan. Sebab orang tua seperti itu semestinya justru dilindungi.

Wanita tersebut sama sekali tidak tahu urusan Brahim yang melampiaskan kekesalan atau kemarahan. Betapa besar dosa orang tidak beradab ini karena membunuh wanita sederhana yang tengah berkomunikasi (doa) dengan Tuhan. Mungkin dia merasa bangga bisa membunuh orang-orang tersebut. Padahal itu tindakan konyol yang sangat merendahkan martabatnya.

Kalau dia orang beragama, apa pun agamanya, tidak mungkin bisa melakukan kekejihan seperti itu. Sebab tidak ada agama di mana pun mengajarkan pembunuhan. Apa yang dia pelajari selama hidup sehingga mampu melakukan tindakan barbar seperti itu. Sudah sepantasnya, aparat menghukum ­sekeras mungkin manusia seperti itu.

Marilah kita berkontribusi bagi perbaikan hubungan antarmanusia agar kita bisa menjadi contoh pembawa damai, bukan pembawa teror. Tinggalkan sikap merasa paling benar sendiri karena mental seperti ini hanya akan melahirkan teroris-teroris baru. ν

Tampilkan Semua

Cara Atasi Jerawat Dampak Masker

Jumat 30/10/2020 | 13:41
A   A   A   Pengaturan Font
Masalah jerawat jadi salah satu efek samping mengenakan masker sepanjang hari selama pandemi yang kerap disebut dengan istilah "maskne", gabungan dari "masker" dan "acne" (jerawat). Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah...
Selengkapnya

Safari Politik Pompeo

Jumat 30/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perjalanan Menlu AS ke Asia ini merupakan strategi mencari sekutu untuk melawan dominasi ekonomi Tiongkok. Setelah mengunjungi India, Sri Lanka, dan Maladewa, kini Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, melanjutkan...
Selengkapnya

Nasionalisme Vaksin

Rabu 28/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika kita memiliki vaksin yang efektif, kita juga harus menggunakannya secara efektif. Cara terbaik adalah memvaksinasi beberapa orang di semua negara, bukan semua orang di beberapa negara. Pandemi Covid-19 hingga kini belum menunjukkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Lee Min-ho Buka Saluran YouTube Sendiri

Sabtu 31/10/2020 | 17:43
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - Aktor Korea Selatan, Lee Min-ho membuka saluran YouTube-nya sendiri, "leeminho film" pada Jumat (30/10).

Untuk video pertamanya, dia mengunggah film pendek produksi sendiri berjudul "Movielog EP.1". Video berdurasi 2:38 menit itu secara artistik merangkum kariernya selama ini.

Mi-ho sendiri yang bertindak sebagai produser eksekutif dan direktur kreatif karya itu.

Warganet yang menonton video itu melontarkan komentar beragam, salah satunya pujian atas usaha sang aktor membuat para penggemarnya bahagia. Ada juga yang bersyukur karena Min-ho akhirnya membuka saluran YouTube sendiri.

“Hingga Sabtu (31/10) siang ini, laman YouTube Min-ho sudah mendapatkan 49.300 pelanggan, sementara video pertama sudah tayang sekitar 148.473 dan diganjar 30 ribu jempol,” lapor Antara, Sabtu. I-1

Tampilkan Semua

Sherina Tak Sabar untuk Syuting "Petualangan Sherina 2"

Sabtu 31/10/2020 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta, - Sherina Munaf mengatakan tidak sabar untuk segera memproduksi film "Petualangan Sherina 2" yang rencananya rilis akhir tahun 2021. Dalam perayaan "25 Tahun Miles Films", Mira Lesmana mengumumkan bahwa "Petualangan Sherina"...
Selengkapnya

Pengguna Spotify Naik Jadi 320 Juta Orang

Sabtu 31/10/2020 | 07:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pengguna platform streaming musik Spotify naik menjadi 320 juta orang pada kuartal ketiga tahun ini.Kenaikan pengguna sebesar 29 persen tersebut, dikutip dari laman Cnet, membuat Spotify unggul di atas Apple Music, yang memiliki...
Selengkapnya

Gfriend Berusia Pancawarsa

Jumat 30/10/2020 | 13:35
A   A   A   Pengaturan Font
Meramaikan industri K-pop sejak 2015, grup Gfriend kini sudah genap menginjak usia lima tahun. Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji debut pada Januari 2015 melalui mini album "Seasons of Glass."  Perlahan-lahan mereka...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Damkar Jaksel Eakuasi Tiga Orang Terjebak di Lift

Sabtu 31/10/2020 | 21:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Petugas penyelamatan dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan mengevakuasi tiga orang yang terjebak di dalam lift di gedung Kimia Farma, Jalan Kebayoran Lama, Nomor 50 RT 1/RW 1, Grogol Selatan, Sabtu.

Ketiga korban merupakan seorang perempuan bernama Rahmelia (31) yang menggendong balita perempuan bernama Gaisha (1,5) dan seorang lainnya anak bernama Intan (11).

Menurut petugas piket Damkar Jakarta Selatan M Arief, tiga pengguna lift tersebut terjebak selama kurang lebih 1,5 jam karena lift mengalami gangguan.

"Korban dari lantai dua menuju lantai satu, lift bermasalah, korban terjebak kurang lebih 1,5 jam," kata Arief.

Petugas Damkar menerima laporan pukul 12.30 WIB dari salah seorang kerabat korban yang terjebak di dalam lift.

Dari laporan pihak keluarga, petugas Damkar meluncur ke lokasi kejadian. Damkar mengerahkan dua penyelamatan dengan sembilan personel Damkar Jakarta Selatan Sektor Kebayoran Lama untuk melakukan evakuasi.

Pukul 12.50 WIB, ketiganya berhasil dievakuasi dari dalam lift. "Ketiga korban dapat dievakuasi dengan selamat," kata Arief. ant/P-5

Tampilkan Semua

Pasien Sembuh Paparan Covid di Jakarta, Sabtu Pecahkan Rekor Capai 2.122 Orang

Sabtu 31/10/2020 | 21:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Pertambahan pasien sembuh paparan COVID-19 di Jakarta pada Sabtu (31/10), memecahkan rekor mencapai 2.122 orang. Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta dalam laman corona.jakarta.go.id, yang dipantau di Jakarta, Sabtu,...
Selengkapnya

Vaksinasi Rabies di Jaksel Capai 70 Persen

Sabtu 31/10/2020 | 20:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyatakan capaian vaksinasi rabies hingga akhir Oktober mencapai 70 persen dari target sampai dengan akhir tahun 2020 sebanyak 6.500 ekor hewan peliharaan. "Pada...
Selengkapnya

Polisi Kejar Pelaku Pembegalan Terhadap Anggota TNI

Jumat 30/10/2020 | 23:25
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Polisi mengejar pelaku pembegalan terhadap pengendara sepeda yang korbanya merupakan seorang anggota TNI Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat Senin (26/10).  “Pelaku...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

The Voronoi Runners Mampu Menjadi Kompos

Jumat 30/10/2020 | 20:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di belakang pikiran kita, kita semua ingin membuat perbedaan pada lingkungan yang rusak, dan kita melakukan satu atau dua hal secara sadar untuk membuktikan suatu hal. Tetapi satu hal yang telah kita semua lakukan sebaliknya - secara sadar atau tidak, tidak banyak pilihan yang dapat dibantah
Menurut peneliti, sepatu yang dikenakan untuk lari pagi membutuhkan waktu hingga 30 tahun untuk membusuk sepenuhnya. ada perusahaan seperti Adidas, Allbirds, dan beberapa lainnya, mencoba membuat sepatu kets dengan bahan daur ulang untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi itu tidak cukup
Melansir laman Trendhunter.com menunjukan, Alas kaki adalah salah satu dari beberapa produk fashion yang penting tetapi terkenal sering berkeliaran di tempat pembuangan sampah kami dan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai, sehingga Voronoi Runners telah dirancang untuk menawarkan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Didesain oleh Rik Olthuis dari Massey University of New Zealand, sepatu kets tersebut dibuat dengan 100% komponen yang dapat terurai secara hayati yang dimaksudkan untuk dipisahkan satu sama lain sebelum dibuang atau dijadikan kompos. Alas kaki juga mempertahankan desain bebas perekat yang dicapai dengan printer 3D dan filamen fleksibel yang akan meningkatkan kenyamanan pemakainya.
Rik mengatakan telah memikirkan desain sepatu yang sangat inovatif untuk mengatasi penyimpangan dalam alas kaki ramah lingkungan yang dijuluki berkelanjutan. Voronoi Runners terbuat dari 100 persen bahan yang dapat terurai secara hayati, yang masing-masing dapat dipisahkan dengan mudah di akhir masa pakainya untuk dibuat kompos

The Voronoi Runners juga fokus pada kesesuaian yang dapat disesuaikan berkat midsole yang akan berkontur ke kaki dan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan saat berlatih atau sekadar berjalan-jalan.
Struktur utama Voronoi Runners dicetak 3D menggunakan filamen biodegradable yang kuat dan fleksibel yang digunakan untuk membuat sol luar dan midsole. Busa poliuretan diganti dengan busa alternatif yang dapat terurai secara hayati yang dibuat menggunakan gelatin dan gliserin, yang menawarkan bantalan nyaman di kaki.

Menggunakan pencetakan 3D untuk membuat midsole memungkinkan Voronoi Runners beradaptasi dengan kaki pemakainya. Ujung kaki dan tumit yang dicetak dari serat tumbuhan menambah bentuk dan bentuk pada bagian atas wol Merino yang juga nyaman untuk digunakan sehari-hari. Untuk menghilangkan penggunaan perekat, sepatu dijahit menggunakan benang katun organik dan diakhiri dengan tali linen. Ini membuat Voronoi Runners mudah dibongkar sepenuhnya dan dibuat kompos secara bertanggung jawab. Lihat video berjalan kaki dari Voronoi di bawah ini untuk memahaminya.

Hasilnya adalah sepasang sepatu kets yang bisa dipakai dan setelah selesai dapat dipisahkan setiap bagian dari sepatu dan mengirimkannya ke halaman belakang atau kompos dapur untuk suatu hari digunakan sebagai pupuk kandang untuk taman tidak ada yang tersisa dan dapat berlari dengan nyaman tanpa harus khawatir akan ekosistem. arn

Tampilkan Semua

Denim Terbuat dari Plastik dan Kopi Daur Ulang

Jumat 30/10/2020 | 20:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rangkaian Decaf Denim dari Coalatree adalah pilihan fashion ramah lingkungan bagi orang-orang yang mencari alternatif yang lebih berkelanjutan dari jeans konvensional di pasaran. Decaf Denim adalah Jeans yang terbuat dari campuran...
Selengkapnya

Levi's Membeli Kembali Jeans Lama

Jumat 30/10/2020 | 20:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek denim Levi Strauss & Co. ( Levi's) meluncurkan program buyback atau pembelian kembali produk Levi's yang lama. Konsumen yang menukarkan produknya akan ditukar dengan gift card. Program Levi's Secondhand ini menjadi bagian dari...
Selengkapnya

[Review] Makan Enak dan Kenyang di Hotel Bidakara Jakarta

Jumat 30/10/2020 | 12:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kalau ingin makan Pindang ikan patin kemangi yang berkuah hangat dan punya rasa gurih, serta sedikit asam pedas, kini bisa datang ke Hotel Bidakara yang telah menyediakan kuliner yang sungguh lezat dan sesuai dengan selera penikmatnya....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Asesmen Nasional Hanya untuk Mengukur Kualitas Pendidikan di Sekolah

Sabtu 31/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak lagi menggelar Ujian Nasional (UN). Selama ini, UN dijadikan alat ukur untuk melihat kualitas sekolah, murid, dan guru. UN juga dijadikan sebagai syarat kelulusan.

 

Setelah UN dihapus, ujian akhir diserahkan ke pemerintah daerah atau sekolah masing-masing. Sedangkan untuk mengukur kualitas sekolah dan guru, Kemendikbud tengah merancang Asesmen Nasional (AN) yang akan digunakan pada tahun 2021.

Tetapi tak sedikit pihak, terutama dari pengamat, guru, maupun orang tua siswa, menyarankan Kemen­dikbud menunda pelaksanaan AN. Pasalnya, pembelajaran di setiap jenjang sekolah terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Selain itu, masih banyak yang menganggap AN masih sama dengan UN.

Untuk mengupas terkait ases­men nasional dan program-pro­gram di sektor pendidikan lainnya, Koran Jakarta mewawancarai Sekretaris Jenderal Kemendik­bud, Ainun Na’im. Berikut petikan wawancaranya.

Sejauh mana perkembangan persiapan AN?

Sebetulnya sekarang sudah mu­lai proses sosialisasi. Mas Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebu­dayaan, Nadiem Makarim) sering menyampaikanya, baik ke Komisi X atau dalam berbagai forum. Jadwal sosialisasi yang lebih luas, terstruktur dan komprehensif, akan disampaikan dalam waktu dekat. AN sendiri bakal dimulai sekitar Maret atau April 2021.

Terkait besaran anggaran untuk AN ini apakah sama dengan UN?

AN lebih murah dari segi ang­garan ketimbang UN. AN hanya evaluasi siswa, tentu lebih sedikit, karena kita tidak memberikan tes UN kepada semua siswa. Hanya sampel. AN jauh lebih murah karena evaluasi pembelajaran tidak langsung menyasar pada siswa. AN hanya menjadi tolak ukur kualitas pendidikan di sekolah. Nanti, yang evaluasi siswa itu guru, karena guru yang tahu siswa yang dievaluasi secara komprehensif.

Banyak pihak menyangka AN ini prosesnya sama dengan UN. Se­benarnya bagaima­na nanti teknis pelaksanaannya?

AN tidak akan dilakukan kepada seluruh siswa. Kalau hanya evaluasi siswanya itu lebih sedikit, karena kita tidak memberikan tes seperti UN kepada semua siswa. Hanya sampel saja, seperti halnya Pro­gramme for International Student Assessment (PISA) itu kan hanya sampel saja.

Dari hasil AN, kami kemudian melakukan evaluasi kepada sekolah dan pemer­intah daerah khususnya dinas pendidikan setempat. Harapannya, ada evaluasi komprehensif terhadap dunia pendidikan.

Evaluasi dari Asesmen Nasional juga akan dilakukan kepada guru dan kepala sekolah. Sehingga tidak hanya siswa yang akan menjalani evaluasi. Yang kita evaluasi adalah institusi pendidikannya, tapi tidak hanya siswa yang kita lakukan.

Bagaimana upaya Kemendik­bud meningkatkan kapasitas guru?

Kemendikbud telah melatih guru agar adaptif dan inovatif den­gan menyelenggarakan program Guru Penggerak dan sesi webinar bagi para guru untuk meningkat­kan kualitas pembelajaran selama pandemi yang telah diikuti oleh 150 ribu guru. Kami ingin guru-guru bisa memberikan layanan pendidikan yang baik.

Selain itu, kami juga melaku­kan transformasi guru dan tenaga kependidikan. Upaya ini meliputi pendidikan guru peng­gerak, program pendidikan profesi guru, Laman Guru Berbagi yang telah diakses lebih dari 40 juta kali, serta program penguatan kepala sekolah.

Apa saja upaya Kemendikbud untuk mendorong peningkatan SDM berkualitas?

Upaya Kemendikbud untuk mencetak SDM berkualitas dan ber­daya saing terus berjalan, seperti pemberian dana Program Indone­sia Pintar (PIP) yang mencapai 18,1 juta siswa dan KIP Kuliah sebanyak 200 ribu mahasiswa. Tunjangan bagi guru telah disalurkan kepada 245,2 ribu sasaran penerima tun­jangan profesi dan khusus per 31 Agustus 2020. Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPTV) yan mencakup kemitraan strategi dengan industri, bantuan sarana dan prasarana pendidikan, dan pengembangan dosen praktisi.

n muh ma’arup/P-4

Tampilkan Semua

Keamanan Menjadi “List” Nomor Satu yang Harus Benar-benar Dipenuhi

Jumat 30/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Negara-negara tengah berlomba mengembangkan vaksin Covid-19, begitu juga Indonesia. Selain bekerja sama dengan pihak dari luar negeri untuk memenuhi aspek kecepatan, pemerintah juga tengah mengembangkan vaksin Merah Putih secara mandiri...
Selengkapnya

Vaksinasi Harus Secepatnya, tapi Tidak Boleh Grasah-grusuh

Senin 26/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Sejumlah negara berlomba-lomba mengembangkan vaksin Covid-19, begitu juga Indonesia. Vaksin merupakan salah satu solusi menangani pandemi yang telah memukul hampir seluruh sektor kehidupan.   Dengan vaksin, diharapkan masyarakat...
Selengkapnya

Vaksin Covid-19 Sangat Diperlukan dalam Pembentukan “Herd Immunity”

Jumat 23/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Negara-negara tengah berlomba mengembangkan vaksin Covid-19, begitu juga Indonesia. Vaksin merupakan salah satu solusi menangani pandemi yang telah memukul hampir seluruh sektor kehidupan.   Dengan vaksin, diharap­kan masyarakat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Atasi Pandemi, Dunia Perlu Bekerja Sama, Bukan Bersaing

Sabtu 31/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hubungan Indonesia dan Kanada, meski berjarak jauh, tetap berlangsung baik. Banyak mahasiswa Indonesia belajar di Kanada. Sebaliknya, tidak sedikit warga Kanada yang berkunjung ke Indonesia. Kanada dan Indonesia bekerja sama menghadapi pandemi Covid-19 bersama dunia.

Untuk melihat lebih jauh hubungan kedua negara, penanganan pandemi, dan berbagai persoalan lain, wartawan Koran Jakarta, Aloysius Widiyatmaka, mewawa­ncarai Duta Besar Kanada untuk RI, Cameron MacKay. Berikut petikannya.

Bagaimana Yang Mulia menilai hubungan RI-Kanada setelah 68 tahun berjalan?

Kita telah melakukan banyak hal, tetapi juga masih bisa lebih banyak lagi bersama-sama. Pada tahun 1948, upaya diplomatik oleh Duta Besar Kanada untuk PBB, Jenderal Andrew McNaughton, berhasil membantu menyelesai­kan perundingan yang menemui jalan buntu antara Indonesia dan Belanda, sehingga membuka jalan menuju pengakuan internasional atas kedaulatan Indonesia tahun 1949.

Sejak itu, kami telah mengem­bangkan kemitraan yang kuat di ber­bagai bidang seperti perdagangan dan investasi, kesetaraan gender, dan lingkungan. Kita berbagi banyak nilai yang sama, termasuk demo­krasi, keberagaman, rasa hormat, dan inklusivitas. Hal itu membantu kita dapat bekerja sama dengan baik di panggung dunia seperti G20 dan PBB. Tetapi, masih banyak yang bisa kita lakukan.

Apa saja keuntungan kedua belah pihak dalam hubungan tersebut?

Perdagangan dan investasi yang saling menguntungkan adalah sa­lah satunya. Indonesia adalah pasar ekspor Kanada terbesar di Asia Tenggara tahun 2019. Perdagangan barang dua arah mencapai 3,7 mi­liar dollar Kanada (40,7 triliun ru­piah). Indonesia adalah pelanggan yang penting untuk produk sereal, bubur kayu, pupuk, dan pesawat dari Kanada. Sedangkan Kana­da mengimpor tekstil, elektronik, karet, dan alas kaki dari Indonesia. Terlebih saat kita berusaha memu­lihkan diri dari pandemi Covid-19, kita harus mencari cara agar dapat saling menambah perdagangan dan investasi guna membuka la­pangan pekerjaan.

Kanada juga semakin menjadi tujuan pilihan studi bagi banyak orang Indonesia. Sebelum pan­demi, lebih dari 2.000 WNI belajar di Kanada. Jika Anda melihat biaya dan kualitas pendidikan, jelas ada manfaat nyata belajar di Kanada dibanding negara maju lainnya. Kedutaan Besar kami bekerja keras membantu pelajar Indonesia agar dapat memanfaatkannya. Terakhir, ada keuntungan bagi kedua negara jika bekerja sama secara global. Dalam masalah seperti perubahan iklim, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), kesetaraan gender, atau bahkan tanggap daru­rat seperti yang kita lihat setelah merebaknya Covid-19, kita lebih kuat dan lebih efektif ketika bekerja bersama-sama.

Kerja sama ekonomi sejauh ini menyangkut bidang pemba­ngunan, kehutanan, pertanian, perikanan dan ketenagakerjaan. Adakah sektor/bidang lain yang potensial untuk dikerjasamakan?

Investasi Langsung Kanada di Indonesia pada 2018 sebesar 3,2 miliar dollar Kanada (35,2 triliun rupiah), terbesar kedua di kawas­an Asean, setelah Singapura. Jadi, bisnis Kanada memainkan peranan penting dalam pembukaan la­pangan kerja di sini. Saya terutama sangat senang dapat memperluas kerja sama di bidang infrastruktur, teknologi bersih, dan pendidikan. Sektor-sektor ini merupakan selaras dengan prioritas Indonesia untuk sumber daya manusia dan pem­bangunan infrastruktur, di mana Kanada memiliki keahlian kelas dunia. Umpamanya, saya merasa terhormat menjadi anggota Dewan Pengarah Kemitraan Aksi Plastik Nasional Indonesia. Kita bekerja sama mengembangkan teknologi dan infrastruktur bersih memerangi polusi plastik, perubahan iklim, dan degradasi lingkungan.

Sekarang era borderless. Jadi, apakah jarak yang jauh masih menjadi kendala kerja sama RI-Kanada?

Terlebih lagi saat ini – berkat teknologi informasi – satu-satunya hal yang memisahkan kita adalah zona waktu. Orang-orang Kanada dan Indonesia kini hanya dipisah­kan oleh satu klik. Tapi kalau Anda mau menelepon teman Anda di Kanada, jangan lupa kami berada 10–14 jam lebih lambat. Tentu saja kita tidak mengabaikan jarak fisik dan kami sedang berusaha meng­atasinya. Selama pandemi Co­vid-19, Kanada dan Indonesia tetap terkoneksi dengan pesawat terbang melalui bandara penghubung in­ternasional. Pilihan transportasi yang lebih baik telah membantu meningkatkan konektivitas. Di ta­hun 2019, lebih dari 100.000 orang Kanada berkunjung ke Indonesia.

Kanada telah membantu 12,5 miliar rupiah untuk Indonesia selama Covid-19, terima kasih. Mengapa bantuan tersebut harus melalui Red Cross/Unicef?

Secara global, Kanada mem­berikan bantuan terkait Covid-19 melalui organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Palang Merah dan Gerakan Bulan Sabit Merah, ter­masuk Federasi Palang Merah In­ternasional (IFRC), dan mitra LSM yang berpengalaman agar kami dapat merespons secara cepat dan efisien. Dukungan Kanada kepada IFRC di Indonesia, yang bekerja sama dengan IFRC dan Palang Merah Indonesia (PMI), membantu dalam penyediaan layanan peman­tauan, mendukung ketersediaan pelindung diri untuk aktivitas berisiko tinggi, melakukan peren­canaan dan analisis risiko. Bantuan Covid-19 Kanada untuk Unicef di Indonesia bertujuan memban­tu anak-anak dan keluarga yang terdampak Covid-19. Di antaranya, cuci tangan dan sanitasi, penye­diaan alat pelindung diri, serta distribusi perlengkapan pendidikan darurat.

Apa yang kurang dari Indone­sia dalam penanganan Covid-19?

Pandemi ini mengejutkan se­mua negara. Kami telah menda­pat banyak pelajaran, di Kanada, Indonesia, dan seluruh dunia. Di Kanada, kami telah melihat keku­rangan cara kami mengelola fasi­litas perawatan jangka panjang dan koordinasi antara berbagai tingkat pemerintahan. Kita perlu menjadi lebih baik dan ini dimulai dengan berlaku jujur terhadap kelemahan serta kesalahan. Menurut saya, negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan melihat tindakan mereka sendiri. Mere­ka mencoba menemukan hal-hal untuk diperbaiki. Kita harus saling membantu dalam prosesnya. Ka­nada dan Indonesia berkoordinasi dengan baik selama tahap awal pandemi.

Data kematian dan terinfeksi Covid-19 di Kanada mungkin ti­dak berbeda jauh dari Indonesia. Bagaimana Kanada menangani Covid-19?

Seperti saya sebutkan, pandemi ini mengejutkan semua. Kami masih berusaha mencari cara menghadapinya dan mengambil pendekatan “seluruh-Kanada.” Juga berkoordinasi sebanyak mungkin berbagai tingkat pemerintahan un­tuk melindungi masyarakat seluruh negeri. Seperti banyak negara, kami telah menutup perbatasan darat dan hanya mengizinkan perjalanan yang penting.

Terpenting, saya pikir, kita telah mencoba belajar sebanyak mungkin tentang pandemi, cara virus menyebar, dan melindungi diri sendiri. Dengan itu, kami ingin memberi saran terbaik kepada warga Kanada berdasarkan penge­tahuan setiap saat. Tentu saja, ini akan berubah seiring kita mengeta­hui lebih banyak. Tetapi, pemerin­tah telah melakukan apa yang kami bisa untuk membuat orang Kanada, baik di dalam maupun luar negeri, mendapat saran terbaru tentang aktivitas seperti mencuci tangan, memakai masker, dan mengisolasi diri.

Bagaimana dunia semestinya menangani Covid-19?

Terpenting, kita perlu bekerja sama, bukan bersaing. Kita perlu mengulurkan tangan, bukan meng­angkat bahu. Pandemi ini berdam­pak pada setiap negara dunia. Saya tidak bisa cukup menekankan pen­tingnya bersikap multilateralisme dalam mengatasinya. Kanada dan Indonesia telah bertindak dengan baik dalam hal ini. Di awal pande­mi, enam bulan lalu, Menteri Luar Negeri Kanada, François-Philippe Champagne, bersama Indonesia dan beberapa negara G20 dan non-G20 membentuk Kelompok Koor­dinasi Multilateral terkait Covid-19. Kelompok ad-hoc ini membantu memfasilitasi pergerakan lintas ba­tas barang, jasa, dan manusia. Juga mempertahankan rantai pasokan yang terbuka dan terhubung, serta memastikan bahwa mereka yang paling membutuhkan mendapat akses ke perawatan medis yang penting.

Sebagai negara kaya, seberapa terdampak ekonomi Kanada atas merebaknya Covid-19? Bagai­mana ekonomi rakyat?

Seperti banyak negara lain di seluruh dunia, ekonomi Kanada juga sangat terpukul oleh pandemi. Dampak Covid-19 di pasar tenaga kerja sangat dramatis. Ada sekitar 5,5 juta warga Kanada atau 30 per­sen tenaga kerja terdampak. Mereka kehilangan pekerjaan atau jam kerja dikurangi. Dampak ini lebih tidak proporsional bagi pekerja di sektor jasa, perempuan, dan mereka yang berpenghasilan rendah. Kanada telah mengambil langkah-langkah yang belum pernah dilakukan untuk meredam dampaknya pada keluarga dan bisnis. Rencana tanggap ekonomi Covid-19 dari Kanada mencakup lebih dari 320 miliar dollar Kanada dalam bentuk bantuan langsung dan pajak serta 600 miliar dollar Kanada dalam bentuk bantuan likuiditas untuk bisnis. Kami optimistis ekonomi akan pulih, mengingat fundamental ekonomi Kanada yang baik dan ren­cana tanggap yang agresif. Kanada memasuki krisis ini dengan neraca yang kuat, rasio utang bersih terha­dap PDB terendah di antara G7.

Pendidikan Kanada termasuk berkualitas. Bagaimana kerja sama pendidikan untuk memaju­kan pendidikan Indonesia?

Kemakmuran Kanada dibangun di atas sistem pendidikan umum kelas dunia. Warga Kanada sangat percaya bahwa semua anak, miskin atau kaya, berhak atas pendidikan yang terbaik. Kami memiliki tradisi panjang program pembelajaran kooperatif, yang membantu para mahasiswa mendapat pengalaman kerja di dunia nyata. Kanada me­miliki dua proyek utama mendu­kung meningkatkan pendidikan RI. Pertama, Pengembangan Pendi­dikan Politeknik (PEDP). Dalam kemitraan dengan Asian Develop­ment Bank, Kanada berkontribusi lima juta dollar Kanada (55 miliar rupiah) hingga Desember 2019. Proyek ini membantu 34 politeknik untuk memberikan program ber­kualitas tinggi guna menanggapi kebutuhan pengusaha di lima sek­tor utama: manufaktur, infrastruk­tur, pertambangan, agroindustri, dan pariwisata.

Proyek ini juga memperkuat hubungan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan politeknik-politeknik serta pergu­ruan tinggi dan lembaga-lembaga di Kanada. Kami telah melakukan studi banding dan magang di Kana­da. Juga ada kunjungan ke Indone­sia oleh lembaga-lembaga Kanada untuk kegiatan pengembangan kapasitas. Kegiatan ini mencakup kemitraan dengan Marine Institute (MI) dari Memorial University of Newfoundland, South Alberta Insti­tute of Technology (SAIT), Seneca College dan Humber College.

Kedua, Proyek Manajemen Risiko, Keberlanjutan Ekonomi, dan Pengembangan Ilmu Aktuaria, senilai 15,5 juta dollar Kanada (170,5 miliar rupiah). Proyek ini dilaksanakan oleh University of Wa­terloo, Kanada, untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keunggul­an aktuaria regional. Kami bekerja sama dengan berbagai sekolah menengah dan universitas, industri asuransi dan dana pensiun, aso­siasi aktuaria profesional. Proyek tersebut meningkatkan jumlah dan kualitas lulusan ilmu aktuaria Indonesia.

Hasilnya, ada sekitar 2.000 ma­hasiswa terdaftar di jurusan ilmu aktuaria di berbagai universitas mitra. Kemudian, 188 lulusan ilmu aktuaria memperoleh kredensial nasional. Proyek tersebut mem­perkenalkan program pembelaja­ran kooperatif, mengambil model dari University Waterloo.

Ada sekitar 600 ribu maha­siswa asing di Kanada. Mayoritas kuliah apa?

Bisnis dan Teknik adalah dua program yang popular di antara mahasiswa yang belajar di Kanada. Meski demikian, belakangan terjadi peningkatan permintaan untuk program industri kreatif seperti animasi, gaming, program perho­telan, dan kuliner. Kanada terkenal dengan pembelajaran kooperatif yang membantu mahasiswa belajar sambil bekerja di industri terkait dengan bidang mereka.

Kira-kira mengapa mereka tertarik kuliah di Kanada?

Ada banyak keuntungan belajar di Kanada. Salah satu tujuan saya adalah membantu lebih banyak siswa Indonesia memanfaatkan keuntungan ini. Pertama, Kana­da menawarkan pendidikan kelas dunia, ditambah kebebasan untuk mengeksplorasi, bereksperimen, dan berkreasi. Ini akan mem­persiapkan siswa menghadapi kehidupan nyata. Dengan memilih belajar di Kanada, siswa akan me­miliki akses pengalaman pendidik­an yang sangat baik, berakar pada budaya pembelajaran langsung. Rasio siswa-guru lebih kecil, serta teknologi, penelitian, dan inovasi mutakhir. Selain itu, dibanding negara maju lain, biaya sekolah di Kanada jauh lebih murah.

Apa yang ditawarkan Kanada untuk pelajar asing?

Sebagai tujuan studi inter­nasional, Kanada juga menawar­kan kepada siswa internasional masyarakat yang aman, ramah, dan multibudaya yang menghargai keberagaman: bahasa, budaya, dan pengalaman. Siswa internasio­nal berhak untuk bekerja paruh waktu selama belajar. Mereka boleh memilih tinggal dan mencari pekerjaan di Kanada setelah studi selesai, di bawah Program Izin Kerja Pascakelulusan. Pemerintah Kanada juga berinvestasi besar-be­saran dalam kelompok penelitian yang menciptakan lingkungan pe­nelitian inovatif bagi mahasiswa di lembaga-lembaga Kanada. Mereka akan meneliti tantangan besar dunia seperti perubahan iklim, energi bersih, tata kelola global, dan perawatan kesehatan dalam masyarakat yang menua. Lembaga pendidikan Kanada telah me­ngembangkan berbagai program sarjana, diploma, dan sertifikasi berkualitas tinggi untuk meme­nuhi kebutuhan sejumlah besar siswa internasional. n G-1

 

Riwayat Hidup

Nama : Cameron Mackay

Tempat lahir : Prince George, Kanada

Usia : 52 Tahun

Istri : Deidre Kent

Anak : Dua

Pendidikan:

- Sarjana Ekonomi dan Hubungan Industrial di McGill University, Montreal (1990)

- Master Kebijakan Lingkungan di York University,Toronto (1996)

Karier:

- Utusan Tetap Kanada untuk PBB dan WTO (2001-2006)

- Wakil Direktur Biro Perdagangan Global, Kemenlu Kanada (2006-2008)

- Direktur Biro Perdagangan Global, Kemenlu Kanada (2008-2010)

- Direktur Jenderal Kebijakan Perdagangan Tiongkok, Kemenlu Kanda (2010-2012)

- Direktur Jenderal Biro Negosiasi Perdagangan, Kemenlu Kanada

(2013-2015)

- Direktur Jenderal Perdagangan, Kemenlu Kanada (2015-2017)

- Direktur Umum Sekretariat Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan, Kemenlu Kanada (2017-2019)

- Duta Besar Kanada untuk Indonesia (2019-sekarang)

 

BERBAGAI SUMBER/LITBANG KORAN JAKARTA/AND

Tampilkan Semua

Masyarakat Jangan Mudah Termakan “Hoax”

Sabtu 24/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menko Polhukam menilai maraknya demonstrasi menolak UU Cipta Kerja karena banyaknya hoax yang beredar di masyarakat. Soal penembakan pendeta, pemerintah akan objektif. Terkait kekhawatiran ancaman Covid-19 pada tahapan pilkada, sejauh...
Selengkapnya

Mengenal LiDar, Sensor Kamera di iPhone 12 Pro

Minggu 18/10/2020 | 15:39
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta- Apple pekan lalu meluncurkan empat model iPhone 12, yang menggunakan teknologi baru seperti sambungan ke jaringan 5G. Sejak kemunculan iPhone 12, teknologi LiDAR menjadi perbincangan karena disematkan pada kamera di iPhone 12...
Selengkapnya

Investor Harus Dibuat Tertarik Terjun ke EBT

Sabtu 17/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dunia telah bertekad untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Antara lain mulai digencarkan secara optimal pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Indonesia sebagai warga dunia tak mau ketinggalan. Maka pemerintah telah menetapkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta