Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Xtracare, Perawatan Kulit 'Ionic' Pertama di Dunia Hadir di Indonesia

Foto : istimewa

Dari kiri ke kanan: Derrick Sukamto, dr. Gloria Novelita, dr. M. Akbar Wedyadhana, dan Olivia Subaya

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dampak polusi dan perubahan iklim bagi kesehatan manusia kini semakin nyata. Tahun lalu, selain bencana alam akibat cuaca ekstrem seperti banjir dan kekeringan berkepanjangan di seluruh Indonesia, terjadi pula lonjakan kasus infeksi saluran pernapasan di Jakarta.

Yang tak banyak diketahui, dampak kesehatan ini tidak hanya terjadi pada organ pernapasan, tetapi juga mempengaruhi kualitas kulit, organ terbesar dan pelindung terluar tubuh manusia.

Menurut para pakar biologi molekuler dalam International Journal of Molecular Sciences, perubahan iklim dapat merusak skin barrier atau lapisan terluar kulit yang menjadi pertahanan pertama tubuh sehingga meningkatkan resiko iritasi dan infeksi kulit. Hal ini diperkuat dengan temuan para ahli dermatologi dalam British Journal of Dermatology bahwa paparan polusi di kota-kota besar mempercepat kerusakan skin barrier.

Sementara itu, dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, para ahli memaparkan bahwa suhu dan kelembapan udara yang terus berubah secara ekstrem dapat memperburuk infeksi serta peradangan kulit seperti eksim.

"Masyarakat awam juga semakin sadar bahwa polusi dan perubahan iklim dapat mempengaruhi kecantikan dan penampilan mereka. Sisi positifnya, minat masyarakat Indonesia terhadap perawatan kulit atau skincare semakin meningkat. Tapi hal ini harus diimbangi dengan pemahaman bahwa kecantikan dan penampilan itu berawal dari kulit yang sehat," kata dr. M. Akbar Wedyadhana, Sp.KK FINSDV, FAADV dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/2).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top