Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Xi Peringatkan Biden untuk Tidak Persenjatai Taiwan

Foto : AFP/Brendan Smialowski

Xi mengatakan kepada Biden, Tiongkok tidak berusaha untuk 'melampaui atau menggeser Amerika Serikat'.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Pemimpin Tiongkok Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden pada pertemuan puncak untuk berhenti mempersenjatai Taiwan, namun ia setuju untuk memulai kembali perundingan tingkat tinggi antarmiliter, kata Beijing pada Kamis (16/11).

"Pihak AS harus... berhenti mempersenjatai Taiwan, dan mendukung reunifikasi damai Tiongkok," kata Xi kepada Biden, menurut pembacaan dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

"Tiongkok akan mewujudkan reunifikasi, dan hal ini tidak dapat dihentikan," kata Xi mengenai masa depan pulau itu. Beijing berjanji akan mengambil alih Taiwan kembali suatu hari nanti.

Namun kedua pemimpin "pada hari Rabu sepakat untuk melanjutkan perundingan atas dasar kesetaraan dan menghormati komunikasi tingkat tinggi antarmiliter," kata media pemerintah Beijing.

Pembicaraan militer antara AS dan Tiongkok terhenti sejak Agustus tahun lalu, ketika Beijing membatalkannya sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top