Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Warga Rusia Kabur ke Finlandia Pecah Rekor Pasca Putin Perintahkan Wajib Militer

Foto : Reuters

Warga Rusia mengantre untuk menyebrangi perbatasan ke Finlandia di pos pemeriksaan Vaalimaa di Virolahti, Finlandia, Minggu (25/9)

A   A   A   Pengaturan Font

Penjaga perbatasan Finlandia Mert Sasioglu mengungkapkan, jumlah orang Rusia yang memasuki kawasan Finlandia mengalami peningkatan. Menurutnya, Finlandia mencatatkan akhir pekan lalu menjadi yang tersibuk tahun ini dalam mendata warga Rusia yang memasuki negara itu usai Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial wajib militer.

"Akhir pekan lalu adalah akhir pekan tersibuk tahun ini untuk lalu lintas di perbatasan timur," kata Sasioglu dari penjaga perbatasan Finlandia kepada AFP, dikutip dari Al Arabiya.

"Tingkat kedatangan sekitar dua kali lipat dari minggu lalu," tambahnya.

Penjaga perbatasan mengatakan, hampir 8.600 orang Rusia memasuki Finlandia melalui perbatasan darat dan hampir 4.200 menyeberang ke arah lain pada Sabtu (24/9). Sementara pada hari Minggu (25/9), lebih dari 8.300 orang Rusia tiba dan hampir 5.100 pergi.

"Alasan utamanya adalah mobilisasi tetapi juga sebagian dijelaskan oleh fakta bahwa Finlandia dan Rusia melonggarkan pembatasan Covid-19 selama musim panas," ucapnya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top