Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Warga AS Siap Sambut Gerhana Matahari Total

Foto : AFP/Brendan Smialowski

Gerhana Matahari l Sejumlah warga AS berkumpul di National Mall, Washington DC, pada 21 Agustus 2017 lalu untuk menyaksikan terjadinya gerhana matahari total. Pada 8 April mendatang, gerhana matahari total pun akan kembali terjadi di wilayah AS.

A   A   A   Pengaturan Font

Pada 8 April mendatang, wilayah Amerika Serikat akan mengalami fenomena astronomi yaitu gerhana matahari total.

WASHINGTON DC - Jutaan masyarakat Amerika Serikat (AS) yang berada di sepanjang jalur gerhana matahari total pada tanggal 8 April mendatang, sedang mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya peristiwa astronomi terbesar tahun ini.

Dekat perbatasan AS-Kanada di Burlington, Vermont, yang akan mengalami gerhana matahari total, banyak ruang inap di hotel telah terjual habis sejak berbulan-bulan lalu.

"Diperkirakan 32 juta orang tinggal di dalam jalur gerhana matahari total dan 150 juta orang lainnya tinggal kurang dari 320 kilometer dari jalur tersebut," kata NASA.

Gerhana matahari total terakhir terjadi di AS pada 2017 lalu. Jalur gerhana matahari total tahun ini lebarnya sekitar 115 mil, lebih lebar dibandingkan tahun 2017. Jalur ini dimulai di Meksiko bagian barat, melewati kota Dallas, Indianapolis, dan Buffalo di AS, sebelum berakhir di Kanada bagian timur. Sementara hampir seluruh AS akan mengalami gerhana sebagian. SB/AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top