Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Wagub Sulteng: Investor Harus Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Foto : (Dok Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)

Wagub Sulteng Rusli Palabbi bersama rombongan melakukan kunjungan monitoring dan evaluas ke tiga perusahaan di Kabupaten Banggai yang bertepatan dengan momentum Hari Buruh Internasional, dengan salah satu tujuannya untuk memastikan kesejahteraan karyawan

A   A   A   Pengaturan Font

Banggai, - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Palabbi menegaskan investor yang berinvestasi di wilayah Sulteng termasuk di Kabupaten Banggai, harus merekrut tenaga kerja lokal.

"Dan perusahaan akan merasa aman saat berinvestasi di manapun jika masyarakat sekitar perusahaan diperhatikan dengan baik," ucap Wagub Ruslin Palabbi,di Banggai, Minggu.

Rusli Palabbi bersama rombongan melakukan kunjungan monitoring dan evaluas ke tiga perusahaan di Kabupaten Banggai yang bertepatan dengan momentum Hari Buruh Internasional, dengan salah satu tujuannya untuk memastikan kesejahteraan karyawan.

Tiga perusahaan yang dikunjungi di Banggai yakni PT Prima Dharma Karsa, PT Integra Mining Nusantara Indonesia dan PT Arona Teluk Tomini.

PT Prima Dharma Karsa, PT Integra Mining Nusantara Indonesia merupakan dua perusahaan bergerak pada sektor energi sumber daya mineral pengolahan nikel bertempat di Desa Siuna, Kecamatan Pagima.

Kemudian PT Arona Teluk Tomini merupakan perusahaan yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan pada bidang tambak, yang terletak di Desa Petak, Kecamatan Nuhon.

Wagub mengatakan pihak perusahaan atau investor memperhatikan tenaga kerja lokal, maka masyarakat akan merasa diperhatikan dengan adanya perusaahan.

Di sisi lain, lanjut dia, investor atau perusahaan harus intens berkoordinasi dengan pemerintah desa/kelurahan, kecamatan dan pemerintah tingkat kabupaten hingga provinsi.

"Dan selalu membangun komunikasi, baik pemerintah desa sampai tingkat provinisi," ujarnya.

Wagub juga menegaskan bahwa investor atau perusahaan yang ada di daerah itu wajib memperhatikan kesejahteraan buruh atau karyawannya, untuk menghindari terjadi perselisihan hubungan industrial.

Wagub menyampaikan ke pihak perusahaan wajib memberikan jaminan kesejahteraan, kesehatan dan jaminan hari tua kepada karyawannya dengan didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Dalam rangka monitoring dan evaluasi kali lebih ditekankan kepada perusahaan agar menyelesaiakan semua perizinan yang terkait perusahaanya," ujarnya.

Wagub Rusli mengimbau agar dana CSR yang menjadi kewajiban perusahaan agar direalisasikan secara transparan kepada desa dan masyarakat sekitar area perusaahaan.

Wagub juga mengigatkan agar pihak perusahaan dapat membayarkan THR kepada karyawannya sebelum masuk hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.


Redaktur : Khairil Huda
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top