Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Waduk Kunci Kemandirian dan Ketahanan Pangan

Foto : ANTARA FOTO/Jojon/tom

Pemandangan Bendungan Ladongi yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Bendungan Ladongi yang berkapasitas 45,9 juta meter kubik air dengan luas sekitar 222 hektare itu untuk mengairi sawah-sawah di beberapa kabupaten.

A   A   A   Pengaturan Font

Membangun waduk atau bendungan bukan tidak memenuhi kendala. Hambatan utama pembangunan waduk atau bendungan adalah masalah pem­bebasan lahan.

Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa.

Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya, dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat terjadi jika ketahanan pangan terganggu dan itu bisa membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional.

Bagi Indonesia, pangan sering diidentikkan dengan beras karena jenis pangan ini merupakan makanan pokok utama. Industri perberasan memiliki pengaruh yang besar dalam bidang ekonomi seperti dalam hal penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan dan dinamika ekonomi perdesaan, bidang lingkungan, dan juga bidang politik. Beras juga merupakan sumber utama pemenuhan gizi yang meliputi kalori, protein, dan lemak vitamin.

Dengan pertimbangan pentingnya beras tersebut, pemerintah selalu berupaya meningkatkan ketahanan pangan terutama yang bersumber dari peningkatan produksi dalam negeri yang dikenal dengan kemandirian pangan. Pertimbangan tersebut menjadi semakin penting bagi Indonesia karena jumlah penduduknya semakin besar dengan sebaran populasi yang luas dan cakupan geografis yang tersebar.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya, Indonesia memerlukan ketersediaan pangan dalam jumlah mencukupi dan tersebar, yang memenuhi kecukupan konsumsi maupun stok nasional. Indonesia harus menjaga ketahahan pangan dan kemandirian pangannya. Dan kemandirian pangan bisa terwujud jika semua kebutuhan untuk menghasilkan pangan dari dalam negeri terpenuhi, seperti tersedianya air sepanjang tahun untuk mengairi sawah-sawah di berbagai daerah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top