Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Tips Berbisnis di Bulan Ramadan Saat Pandemi

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan: Bu Rossa, saya masih bingung akan berbisnis apa di bulan Ramadan ini. Situasi berubah dan semuanya menjadi tidak menentu. Selama ini saya suka berjualan makanan dan kue secara online, juga pakaian dewasa dan anak-anak. Mohon tips-tipsnya ya Bu, produk apa yang sebaiknya saya jual saat Ramadhan dan bagaimana cara memasarkannya di situasi saat ini. Terima kasih Bu.

Jawaban:

Ramadhan sebentar lagi tiba. Bulan yang penuh keberkahan ini adalah saatnya memaksimalkan ibadah dan mendekatkan diri pada-Nya. Jika Anda adalah pelaku bisnis, Ramadan adalah bulan yang penuh rizki. Beberapa pebisnis bahkan memilih beralih produk saat bulan Ramadan. Tapi saat ini pandemi masih mengelilingi kita, dan Ramadan tentu tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, ide berbisnis di bulan Ramadan tetap banyak pilihannya.

Ramadan saat pandemi memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis dan mereka yang berdagang musiman hanya di bulan suci ini. Situasi berubah, dari sebelumnya orang berduyun-duyun belanja dan makan di luar rumah sekarang mereka memilih pesan secara online atau memasak sendiri.

Berbagai protokol kesehatan yang membatasi pergerakan membuat sebagian produk yang dulu booming saat Ramadhan kini sepi pembeli. Misalnya, pakaian, sepatu dan tas. Saat ini penjualannya menurun karena tidak banyak dibutuhkan saat Ramadhan dan lebaran di rumah aja. Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha saat berbisnis di bulan Ramadhan pada masa pandemi? Silakan disimak tips-tips berikut ini seperti yang dilansir dari laman jurnal entrepreneur.

Produk Kesehatan Masih

Dibutuhkan

Baca Juga :
Setahun Pandemi

Menurut Mckinsey, produk kesehatan dan sanitasi akan terus menjadi produk yang akan dicari oleh konsumen di masa pandemic, dan ini juga berlaku di bulan Ramadan. Beraktivitas di bulan ramadan dan sekaligus juga di saat pandemi seperti harus ekstra hati-hati. Oleh karena itu banyak konsumen yang akan mencari produk kesehatan agar produktivitas mereka terjaga saat bulan ramadan dan tetap sehat terhindar dari virus Covid-19.

Pilihan produk yang dapat Anda jual diantaranya adalah produk minuman kesehatan seperti jus bebas gula, ragam jamu-jamuan, vitamin kompleks, sabun cair, atau perlengkapan kebersihan rumah. Selain itu karena di bulan Ramadhan ini pandemi masih berlangsung, Anda tetap bisa menjual masker dan peralatan perlindungan diri lainnya yang dapat Anda jual juga ke rumah sakit.

Kampanyekan Proses Produksi yang Aman dan Higienis

Saat bulan Ramadan, produk makanan jadi siap konsumsi atau produk mentah tetap menjadi barang yang paling dicari. Namun di saat pandemi, orang enggan membeli karena skeptis dan takut pengolahannya tidak higienis. Konsumen juga sering bertanya-tanya apakah produsen telah menerapkan proses produksi sanitasi dengan benar.

Oleh karena itu, bagi produsen makanan, Anda dapat melakukan kampanye yang menjelaskan kepada konsumen bahwa produk Anda diolah dan dibungkus secara higienis dan bebas dari potensi paparan virus dan bakteri. Anda dapat membuat video singkat proses produksi makanan atau minuman yang Anda jual. Menurut riset Kantar World Planner, di bulan Ramadhan dan di tengah masa pandemi produk kebutuhan pokok masih tetap menjadi target favorit konsumen. Terlebih produk pertanian dan peternakan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, susu, daging, dan telur.

Selain itu makanan kemasan siap saji dan bumbu dapur seperti sardines, kornet, bumbu cepat saji, dan bumbu kunci juga tidak menurun trennya. Bagaimana menjualnya? Anda dapat menjual produk-produk tersebut melalui online marketplace bahan-bahan pokok atau online marketplace pada umumnya. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial atau seller group untuk memasarkan produk kebutuhan pokok.

Siapkan Konten Digital

Menarik

Di bulan ramadan terlebih ketika Anda karantina, konten digital menjadi produk yang akan dipilih oleh konsumen untuk mengisi waktu luang dan waktu berbuka. Hal ini tercermin pada kenaikan jumlah penonton streaming Netflix hingga 10% saat pandemi.

Anda dapat membuat konten digital menarik terkait produk yang Anda jual. Misalnya Anda bisa membuat konten product knowledge, webinar, gimmick story untuk soft selling dan lain sebagainya.

Tetap Atur Bisnis Anda dengan Software Akuntansi

Apapun ide bisnis Anda di bulan Ramadhan, Anda tetap harus mengelola keuangan dan melakukan review terhadap bisnis Anda. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan ketika Anda menggunakan software akuntansi. Software akuntansi dapat membantu Anda dalam memantau arus transaksi, membuat laporan keuangan, menghitung dan memeriksa stok barang, rekonsiliasi bank, hingga membuat invoice secara otomatis. Semoga bisnis Anda makin lancer di bulan Ramadan.

(ion/S-2)
Redaktur : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top