Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

Tiongkok Kritik Amerika Serikat terkait Campur Tangan di Asia-Pasifik

Foto : Kementerian Pertahanan Nasional RRT

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Wu Qian.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Kementerian Pertahanan Tiongkok, pada Kamis (28/12), mengecam Amerika Serikat (AS), seminggu setelah para pejabat tinggi militer kedua negara melanjutkan pembicaraan tingkat tinggi. Tiongkok mengkritik campur tangan AS yang terus berlanjut di kawasan Asia-Pasifik dan mengatakan Washington masih mempertahankan pola pikir Perang Dingin.

Dikutip dariThe Straits Times, pada pembicaraan tersebut, kedua belah pihak telah berjanji memulihkan komunikasi guna menghindari kesalahan perhitungan dan kesalahpahaman, dan AS menyerukan "lebih banyak upaya" untuk memastikan komunikasi militer tetap terbuka dan dapat diandalkan.

Namun, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Wu Qian, mengambil nada yang lebih hawkish pada konferensi pers reguler terakhir tahun ini. "Amerika Serikat terus memperkuat pengerahan pasukannya di Asia-Pasifik, hal ini sesuai dengan pola pikir Perang Dingin," kata Wu.

"Tujuannya adalah untuk keuntungan egoisnya sendiri dan untuk mempertahankan hegemoninya. Sifatnya adalah memicu konfrontasi," katanya.

Para pejabat AS berharap perundingan minggu lalu, ketika Jendera Charles Brown dan mitranya dari Tiongkok, Jenderal Liu Zhenli, mengadakan konferensi video dalam acara serupa yang pertama dalam lebih dari setahun, dapat membawa pemulihan hubungan militer yang lebih luas.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top