Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebijakan Pemerintah

Tiongkok Jadi Pemimpin Dunia yang Lakukan Transisi ke Energi Terbarukan

Foto : AFP/CHINA OUT

Panel surya di gurun Zhangye, Provinsi Gansu, Tiongkok, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Menurut Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB atau UN Sustainable Development Solutions Network (SDSN), saat ini, Tiongkok adalah pemimpin dunia dalam energi terbarukan dengan nilai investasi, menyumbang hampir setengah dari total belanja rendah karbon dunia pada 2022.

Namun, hal ini juga merupakan contoh baik mengenai kontradiksi yang menghambat upaya dekarbonisasi global sebagai bagian dari upaya melawan perubahan iklim.

Pengeluaran sebesar 546 miliar dollar AS menjadikan Tiongkok sebagai pasar energi terbarukan terbesar di dunia, meningkatkan kapasitasnya hingga hampir 1,2 terawatt, setara dengan menerangi 120 miliar lampu LED.

Dikutip dari Cosmo Magazine, Tiongkok juga termasuk negara yang paling cepat mengurangi intensitas konsumsi energinya, dengan penurunan sebesar 28,7 persen antara tahun 2011 dan 2020, dan memainkan peran utama dalam kerja sama global dengan mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara yang berpartisipasi dalam Inisiatif Sabuk dan Jalan atau Belt and Road Initiative (BRI).

Pejabat SDSN, Yuen Yoong Leong, mengatakan terlepas dari hasil yang luar biasa, Tiongkok terus membangun pembangkit listrik tenaga batu bara baru dengan kecepatan yang mencengangkan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top