Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tidak Habis Pikir! Tiongkok Luncurkan 'Pembangkit Listrik Tenaga Surya' Pertama Berbasis Luar Angkasa

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok berencana untuk mulai membangun fase pertama dari pembangkit listrik tenaga surya berbasis ruang angkasa yang ambisius pada tahun 2028, dua tahun lebih cepat dari jadwal. Selama dekade berikutnya, negara tersebut berencana untuk melakukan pembangkit listrik tenaga surya dan uji transmisi di berbagai ketinggian orbit.

Fase 3 dan 4, masing-masing dijadwalkan untuk tahun 2035 dan 2050, membutuhkan peningkatan yang signifikan dalam pembangkitan energi dan transmisi (10 MW dan 2 gigawatt), kemampuan perakitan orbital, akurasi kemudi balok, dan arsitektur transmisi.

Proposal tersebut juga menyerukan pembangunan infrastruktur di lapangan untuk menerima transmisi energi. Desain CAST telah diperbarui dalam makalah "Teknologi kemudi pancaran daya gelombang mikro retro-directive dari pembangkit listrik tenaga surya luar angkasa," yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Tiongkok Space Science and Technology.

Proyek empat fase, menurut makalah itu, dapat membantu Tiongkok mencapai tujuan keamanan energi dan netralitas karbonnya. Pemutakhiran strategi tersebut rupanya sebagai respon terhadap tren perkembangan domestik dan internasional serta kemajuan teknologi.

Pada tahun 2021, CAST mengungkapkan bahwa mereka sedang mengerjakan eksperimen pembangkit listrik skala kecil, dengan fasilitas pembangkit listrik tingkat megawatt yang mungkin dibangun sekitar tahun 2030. CAST juga membangun fasilitas uji di kota Chongqing di Cina Barat Daya untuk membantu penelitiannya ke luar angkasa. berbasis tenaga surya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Zulfikar Ali Husen

Komentar

Komentar
()

Top