Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Politik Thailand

Thaksin Diusulkan Jadi Penasihat Pemerintah

Foto : AFP/ISAAC LAWRENCE

Mantan PM Thailand, Thaksin Shinawatra

A   A   A   Pengaturan Font

Karena dianggap pernah jadi perdana menteri paling populer dalam sejarah politik Thailand, Wakil PM Phumtham Wechayachai mengusulkan agar mantan PM Thaksin Shinawatra setelah bebas dari penjara agar menjabat sebagai penasihat pemerintah.

BANGKOK - Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, yang saat ini dipenjara, bisa bertindak sebagai penasihat pemerintahan baru, kata partai yang berkuasa pada Jumat (22/9). Usulan itu merupakan sebuah langkah yang mungkin akan menimbulkan keresahan di kalangan pengkritik miliarder tersebut.

Thaksin, 74 tahun itu, yang digulingkan melalui kudeta militer pada tahun 2006, kembali ke Thailand bulan lalu dan langsung dipenjara untuk menjalani masa hukuman atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Perdana Menteri Thailand yang baru, Srettha Thavisin, dari partai Pheu Thai yang mengusung Thaksin, mengatakan awal pekan ini bahwa perdana menteri dua kali itu masih bisa mengabdi pada negaranya.

Sedangkan Wakil Perdana Menteri Thailand, Phumtham Wechayachai, mengatakan pada Jumat bahwa ia mendukung gagasan menjadikan Thaksin sebagai penasihat pemerintah.

"Ini akan menjadi hal yang baik karena dia mempunyai pengalaman enam tahun di pemerintahan. Ini akan bermanfaat bagi negara," kata Phumtham kepada wartawan yang berada di gedung pemerintah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top