Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Pandemi Global

Terlambat Tutup Perbatasan, Gelombang Covid-19 India Meluas ke Nepal

Foto : BIKASH KARKI/AFP

KORBAN COVID-19 I Pejabat militer Nepal yang mengenakan alat pelindung membawa jenazah korban yang meninggal karena virus Covid-19 di krematorium listrik di Kathmandu, Sabtu (1/5).

A   A   A   Pengaturan Font

KATHMANDU - Gelombang atau "tsunami" baru infeksi Covid-19 telah meluas ke Nepal. Menurut Pusat Operasi Darurat Kesehatan Nepal, tingkat infeksi penularan Covid-19 telah di luar kendali sistem kesehatan negara itu. Itu terjadi di 22 distrik atau sebagian besar wilayah yang berada di perbatasan India-Nepal.

Para ahli percaya wabah itu dipicu oleh pekerja migran Nepal yang kembali ke kampung halaman dalam beberapa pekan terakhir dari India, karena lockdown diberlakukan di sana. Rumah sakit penuh dan 22 distrik kekurangan tempat tidur RS.

Perbatasan India-Nepal sepanjang 1.760 km antara negara-negara itu memang rentan. Nepal telah menutup penyeberangan perbatasannya dengan India, tetapi virusnya sudah menyebar lebih dahulu. Pada awal Maret, Nepal mencatat kurang dari 100 kasus sehari. Sekarang rata-rata harian melebihi 4.000 kasus yang dilaporkan.

"Tiga atau empat pasien dengan tingkat oksigen rendah sedang menunggu untuk tidur sekarang, tetapi semua tempat tidur (penuh). Saya merasa kasihan pada pasien," kata Prakash Thapa, Pengawas Medis dari RS Bheri Distrik Nepalgunj Banke, Minggu (2/5).

Sementara itu, India kembali memecahkan rekor kasus kematian harian selama 24 jam terakhir. Sementara itu, angka kasus infeksi baru mengalami penurunan.

Minggu (2/5), angka kematian mencapai 3.689 dalam waktu 24 jam terakhir. Sementara angka kasus harian menurun menjadi 392.488, di mana sehari sebelumnya mencapai 401,993 kasus. n SB/AFP/P-4



(AFP/SB/P-4)
Redaktur : Khairil Huda

Komentar

Komentar
()

Top