Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebutuhan Pokok

Tangerang Alami Kekacauan Pasokan Air

Foto : antaranews
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG - Sejumlah wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang mengalami kekacauan pasokan air bersih. Ini dampak bencana tanah longsor di Bogor yang mengakibatkan polusi tanah ke air Kali Cisadane yang menjadi sumber PDAM Tirta Benteng. "Kami sediakan truk-truk untuk suplai air warga," kata Direktur Utama (Dirut) PDAM TB, Sumarya, di Tangerang, Jumat (24/6).
Air PDAM keruh akibat dampak air baku di air Kali Cisadane terpolusi endapan longsor dari Bogor. Dari Kamis malam masalah sudah mulai. Selain dari PDAM, ada juga truk tangki milik pemkot. Kemarin, Sumarya memperkirakan pelayanan air bersih bisa kembali normal.
Dia mengatakan layanan air bersih dari PDAM Tirta Benteng (TB) untuk pendistribusian sudah 95 persen. "Pengolahan sudah kembali normal, untuk pendistribusian sudah 95 persen. Tingkat kekeruhannya sudah di angka 200 NTU," katanya.
Sebagai informasi, layanan PDAM TB, sejak Kamis (23/6), mengalami kendala akibat tingginya kadar lumpur di Kali Cisadane. Tingginya kadar lumpur tersebut diakibatkan oleh banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Bogor.
Menurut Sumarya, gangguan layanan air bersih terjadi karena kekeruhan air baku di Cisadane yang sangat tinggi. Menurut data PDAM, kekeruhan air baku mencapai 25.000 NTU, sedangkan pengolahan air hanya mampu mengolah air di bawah 1.000 NTU.
Sumarya menyampaikan penghentian sementara suplai air bersih ke pelanggan dimulai sejak pukul 15.00 WIB. Untuk itu, dia minta maaf kepada pelanggan dan berharap kondisinya kembali normal sehingga suplai air bersih ke pelanggan bisa lancar.
Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang, Banten, pada tahun 2022, telah memberikan dana hibah sebesar 3,5 miliar rupiah untuk 10 partai politik di Kota Tangerang. Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, mengatakan dalam membangun Kota Tangerang menuju masyarakat sejahtera diperlukan kolaborasi yang baik dari seluruh partai politik.
"Bila partai politik sudah gandengan, Kota Tangerang pasti maju. Maka, pemkot juga memberikan bantuan berupa dana hibah untuk parpol," katanya. Ia juga berharap agar setiap partai politik di Kota Tangerang mampu administrasi mumpuni.
Maka itu dilakukan kegiatan Forum Diskusi Politik dengan tema optimalisasi peran dan fungsi partai politik di Kota Tangerang oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).
"Ini sebagai upaya bersama baik dari unsur eksekutif dan legislatif dalam memajukan Kota Tangerang," katanya. Ant/G-1

Baca Juga :
Menyambut Siswa Baru

Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top