Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tak Mau Tunduk pada Amerika Serikat, Negara Eropa Ini Lepaskan Aset Rusia yang Dibekukan Akibat Sanksi

Foto : istimewa

Swiss menjadi negara favorit para orang kaya di dunia untuk menyimpan uang dan asetnya dengan aman karena adanya jaminan kerahasiaan dari pemerintah Swiss. Foto: gedung salah satu bank di Swiss.

A   A   A   Pengaturan Font

ZURICH - Pemerintah Swiss pada Kamis (12/5) melaporkan aset Rusia senilai 6,3 miliar franc Swiss (6,33 miliar) dibekukan di bawah sanksi untuk menghukum invasi Moskow ke Ukraina, turun dari awal April karena sekitar 3,4 miliar franc aset yang diblokir sementara dibebaskan.

Angka tersebut menandai penurunan dari sekitar 7,5 miliar franc Swiss dalam dana yang dilaporkan pemerintah dibekukan pada 7 April. Pejabat pemerintah Erwin Bollinger menunjuk ke lebih sedikit dana - 2,2 miliar franc - yang baru dibekukan daripada yang telah dilepaskan.

"Kami tidak dapat membekukan dana jika kami tidak memiliki alasan yang cukup," Bollinger, seorang pejabat senior di badan Sekretariat Negara untuk Urusan Ekonomi (SECO) yang mengawasi sanksi, mengatakan kepada wartawan.

Tekanan telah meningkat pada Swiss - tujuan populer bagi elit Moskow dan tempat penyimpanan kekayaan Rusia - untuk lebih cepat mengidentifikasi dan membekukan aset ratusan orang Rusia yang terkena sanksi.

Komisi Helsinki AS, sebuah komisi independen yang didanai pemerintah yang menangani masalah keamanan, kerja sama dan hak asasi manusia di Eropa, pada awal Mei menyebut Swiss "pemegang peran utama diktator Rusia Vladimir Putin dan kroni-kroninya", yang menurut komisi itu menggunakan "Undang-undang kerahasiaan Swiss untuk menyembunyikan dan melindungi hasil kejahatan mereka".

Pemerintah Swiss menolak tuduhan itu "dalam istilah yang sekuat mungkin", sementara Presiden Swiss Ignazio Cassis telah meminta pemerintah AS "segera mengoreksi kesan menyesatkan ini" selama panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Bank Swiss menyimpan hingga 213 miliar dolar AS kekayaan Rusia, perkiraan lobi bank Swiss, dengan dua pemberi pinjaman terbesarnya UBS dan Credit Suisse masing-masing memegang puluhan miliar franc untuk klien Rusia yang kaya.

Credit Suisse sendiri membekukan sekitar 10,4 miliar franc Swiss dari uang itu hingga Maret di bawah sanksi yang dikenakan sehubungan dengan invasi.

Laporan Credit Suisse tidak menjelaskan berapa banyak uang yang dibekukan di Swiss.

Sementara itu bank dan manajer aset untuk sementara dapat membekukan dana, pejabat SECO pada Kamis (12/5) mengatakan dana perlu dikeluarkan jika mereka tidak dapat menetapkan aset tersebut dimiliki atau dikendalikan secara langsung oleh individu yang terkena sanksi.

"Jumlah aset yang dibekukan bukanlah ukuran seberapa efektif sanksi diterapkan," kata Bollinger, dan menambahkan pembekuan aset "sejauh ini" bukan ukuran terpenting dalam paket sanksi yang luas. (1 dolar AS = 0,9948 franc Swiss)


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top